Sukses

Migrain Menyerang Waktu Lagi Sibuk Bekerja? Ini Cara Menyiasatinya

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasakan sakit kepala sebelah saat sedang bekerja? Rata-rata orang sering terkena migrain saat sedang terlarut dalam kesibukannya.

Dilansir dari Swara Tunaiku, hal ini bisa dipicu oleh beberapa faktor. Misalnya, stres karena teman kerja, beban kerja yang semakin banyak, atau mungkin salah urat. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Apa saja?

1. Cegah Migrain Sebelum Terjadi

Pencegahan bisa jadi cara paling mudah untuk mengatasi migrain. Sebab, saat sedang migrain, Anda tidak punya masalah dengan kesehatan badan. Justru masalah akan datang jika Anda membiarkan keadaan memicu stres dan migrain. Adapun pemicunya, hanya Anda sendiri yang mengetahui.

Saat terkena migrain, tidak semua orang bisa menyempatkan waktu untuk menolong. Ketimbang tergantung pada orang lain, lebih baik Anda mulai sediakan obat penghilang rasa sakit migrain di meja kerja atau tas kerja.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

2 dari 3 halaman

2. Carilah Tempat yang Tenang Saat Migrain Terjadi

Pada umumnya, orang yang sedang terkena migrain agak sensitif terhadap hal-hal sepele di sekitarnya. Saat sedang migrain, Anda mungkin akan sering terganggu dengan orang yang bercakap-cakap terlalu keras dan tidak penting. Nah, baiknya Anda segera mencari tempat yang lebih tenang, agar migrain tidak semakin parah.

Saat sudah merasa baikan, jangan lupa untuk langsung minum obat penghilang migrain. Selain menjauhi tempat yang ramai, Anda juga harus mengendalikan pikiran. Migrain bisa semakin susah hilang kalau kepala masih dipenuhi pikiran-pikiran negatif. Seperti rasa pesimis, kecemasan yang berulang, atau menekan diri ke arah destruktif.

3. Urut pada Bagian-bagian Tertentu

Salah satu cara menghilangkan migrain yang terbukti manjur adalah memijat bagian-bagian tertentu pada tubuh. Cara ini bisa mengurangi rasa pusing hingga 80 persen. Sering kali migrain dipicu oleh kelelahan pada punggung. Bagi Anda yang pekerja kantoran, hati-hati jika duduk terlalu lama.

Secara lebih detail, bagian yang mesti dipijat adalah dekat jalur rangka dan bahu yang berbatasan dengan pangkal leher. Supaya lebih mudah menemukan titik tepatnya, Anda bisa gunakan pinggiran tembok yang bersudut lancip. Apabila masih belum pulih, pijat sendiri bagian semua pangkal leher atas. Kemudian pelan-pelan turun ke bagian pangkal leher bawah.

3 dari 3 halaman

4. Batasi Konsumsi Kafein di Kantor

Pekerja biasanya sangat akrab dengan kafein. Terkadang kafein bisa memberikan semangat yang bagus kepada seseorang untuk bekerja. Namun, jika konsumsinya tidak dibatasi, tentu akan memberikan efek samping bagi kesehatanmu. Tanpa disadari kafein sebetulnya bisa memicu sakit kepala. Jadi, mulai sekarang kamu perlu membatasi minuman mengandung kafein di kantor.

5. Sering Mengonsumsi Air Putih

Tahukah Anda air putih mempunyai sifat dapat menetralkan segala persoalan? Misalnya, perasaan, penyakit, racun, dan lain sebagainya. Migrain cukup membuat kesal para pekerja, kedatangannya tentu benar-benar mengganggu aktivitas. Terkadang, migrain yang Anda alami bisa disebabkan karena dehidrasi.

Tambahan tips yang perlu Anda simak lagi, sebaiknya kurangi konsumsi makanan asin di kantor saat migrain menyerang. Anda bisa meminta tolong rekan kerja untuk menggantikan posisi sementara. Terlebih, kalau Anda bekerja di bagian call center, yang setiap saat menerima keluhan dari klien atau pembeli. Migrain bukan gangguan yang main-main, lo.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Ini Ampuh Melawan Migrain, Nomor 4 Mudah Didapat