Sukses

Begini Caranya agar Kehidupan Pribadi dan Kerja Seimbang

Berikut ini empat cara untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan-kerja Anda

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja bukan hanya cara menghasilkan uang, tetapi juga harus melayani diri Anda baik secara finansial dan emosional. Sukses adalah bagaimana tentang menjalani kehidupan dengan membuat pilihan yang memandu menuju tujuan Anda untuk menjadi yang terbaik. Kunci sebenarnya adalah untuk menciptakan tujuan Anda sehubungan yang dengan kesehatan, penampilan, karier, dan hubungan.

Meskipun pekerjaan mungkin menuntut pada waktu, itu tidak boleh menjadi prioritas atas kesejahteraan Anda. Anda membutuhkan waktu dan energi untuk hobi dan minat Anda, untuk keluarga dan orang-orang terkasih. Jangan menghabiskan delapan jam sehari hanya untuk pulang dan mengabaikan hal-hal yang membuat semangat Anda tetap tinggi.

Berikut ini empat cara untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan-kerja Anda, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Ketahuilah bahwa tidak ada keseimbangan 'sempurna'

Ketika Anda mendengar "keseimbangan kehidupan-kerja", Anda mungkin membayangkan bangun dengan mudah pada pukul 5 pagi, berolahraga, menyantap sarapan Anda yang sudah disiapkan, dan berangkat kerja, pulang lebih awal, menikmati makan malam, melakukan beberapa pekerjaan, dan bersantai dengan menonton tv. Tapi itu sering kali tidak terjadi.

Jangan berusaha untuk jadwal yang sempurna, lakukanlah sesuai realistis. Jangan gunakan hari libur untuk bekerja, Anda harus memiliki lebih banyak waktu dan energi untuk melakukan hobi Anda atau bersantai dengan orang tercinta. Keseimbangan dicapai dari waktu ke waktu, bukan setiap hari.

Penting untuk terus-menerus menilai di mana Anda membandingkan tujuan dan prioritas Anda. Membiarkan diri Anda tetap terbuka untuk mengalihkan dan menilai kebutuhan Anda setiap hari adalah kunci dalam menemukan keseimbangan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Prioritaskan kesehatan

Kesehatan Anda secara keseluruhan harus menjadi perhatian utama. Memprioritaskan kesehatan terlebih dahulu akan membuat Anda menjadi karyawan dan orang yang lebih baik.

Dengan tubuh yang sehat, tetunya Anda dapat melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Selain itu, Anda akan sedikit merepotkan keluarga atau orang lain saat mereka mengurus Anda ketika jatuh sakit. Jagalah kesehatan Anda dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat, dengan begitu Anda akan hidup bahagia.

3. Pastikan Anda menyukai pekerjaan Anda

Jika Anda membenci apa yang Anda lakukan, Anda tidak akan bahagia. Anda tidak perlu mencintai setiap aspek pekerjaan Anda. Pilihlah pekerjaan yang sangat Anda sukai agar Anda melakukannya dengan senang hati.

Jika pekerjaan membuat Anda merasa sulit untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai di luar pekerjaan, ada sesuatu yang salah. Mungkin Anda bekerja di lingkungan yang tidak tepat atau melakukan pekerjaan yang benar-benar tidak Anda sukai. Jika ini masalahnya, Anda bisa mencari pekerjaan baru yang bisa membuat Anda nyaman dan betah.

3 dari 3 halaman

4. Luangkan waktu untuk dirimu sendiri

Meskipun pekerjaan Anda penting, tetapi itu tidak menjadikan seluruh hidup Anda terfokus pada pekerjaan saja. Anda adalah seorang individu sebelum mengambil posisi ini, dan Anda harus memprioritaskan kegiatan atau hobi yang membuat Anda bahagia.

Anda harus fokus pada diri Anda sendiri dan dengan orang yang dicintai. Hanya karena pekerjaan membuat Anda sibuk, bukan berarti Anda harus mengabaikan kehidupan pribadi. Luangkanlah waktu untuk memanjakan tubuh Anda dengan melakukan pijat/spa, berjalan-jalan di taman dengan orang terkasih, ataupun kegiatan yang bisa membuat Anda bahagia.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.