Sukses

Ironis, Bos Super Kaya tapi Karyawan Kerja Tanpa AC hingga Dehidrasi

Bekerja di perusahaan milik orang terkaya dunia ternyata tak menjamin seluruh fasilitas kerja terpenuhi dengan sempurna.

Liputan6.com, New York - Bekerja di perusahaan milik orang terkaya dunia ternyata tak menjamin seluruh fasilitas kerja terpenuhi dengan sempurna. Buktinya, ekelompok karyawan di Afrika Timur menuntut Amazon, perusahaan milik Jeff Bezos, mengaku bekerja tanpa AC atau penyejuk ruangan dan sering mengalami kelelahan hingga dehidrasi.

Melansir laman Time.com, Kamis (7/6/2018), para karyawan menuntut Amazon untuk meningkatkan suasana kerja di gudang bagian timur Minnesota tersebut. Lebih dari itu, suasana kerja di sana sangat menyulitkan para pekerja muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Beberapa pekerja muslim bahkan harus membatalkan puasanya lantaran sudah tidak kuat menahan haus yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuhnya.

"Belakangan ini, saya tak bisa bekerja karena saya butuh air. Saya menjadi sangat haus dan bahkan tak bisa mengunyah," terang Nimo Hirad, salah satu penjemput barang di gudang tersebut.

Pihak pengelola gudang mengaku telah menerima banyak keluhan dari para pekerja dalam dua bulan terakhir. Itu termasuk pekerjaan tim yang malah harus dikerjakan secara perorangan.

Juru bicara Amazon, Ernesto Apreza mengklaim, perusahaan telah menyediakan tempat kerja yang akomodatif dan mumpuni bagi seluruh karyawan. Dia menjelaskan, gudang di Eagan tersebut memiliki area istirahat dengan penyejuk ruangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasang Kipas Angin

Selain itu, perusahaan juga menyediakan kipas angin di seluruh bangunan dan mengakomodasi para karyawan untuk beribadah. Gudang tersebut memiliki ruang ibadah sementara dan yang permanen saat ini tengah dibangun.

Dikonfirmasi lebih lanjut, General Manajer (GM) gudang tersebut, Christoper Warren menolak untuk berkomentar.Dalam beberapa tahun terakhir, banyak laporan bermunculan tentang sulitnya suasana kerja di berbagai gudang Amazon termasuk kematian dua pekerja gudang pada 2014.

Perusahaan juga pernah terbakar pada 2011 lantaran panas yang sangat ekstrim yang menyebabkan banyak pegawai terluka.Kala itu, pihak Amazon mengatakan akan mengambil langkah tepat guna mengatasi cuaca panas termasuk memasang penyejuk ruangan di seluruh gudang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jeff Bezos adalah salah satu miliarder di dunia yang hartanya berlimpah.

    jeff bezos

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder