Sukses

Tiket Kereta Wisata Buat Mudik 2018 Ludes Terjual

PT Kereta Api Wisata telah mulai menjual dengan memakai Pola FIT sejak H-90 Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api (KA) Pariwisata kembali menyediakan perjalanan Kereta Wisata dengan Pola Free Independensi Traveler (FIT) atau perseorangan, dan Pola Charter atau pola sewa pada saat mudik Lebaran 2018.

Direktur Operasional dan Administrasi PT Kereta Api Pariwisata, Sunarjo mengungkapkan, PT Kereta Api Wisata telah mulai menjual dengan memakai Pola FIT sejak H-90 Lebaran. Ia menyatakan, saat ini pola perjalanan tersebut telah terjual habis.

"Total perjalanan FIT untuk tahun ini ada sebanyak 306 perjalanan, baik jarak pendek, menengah dan jauh. Total jumlah penumpangnya sendiri 8.736 orang," kata dia di kantornya di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Jumlah itu, tambahnya, meningkat dibanding tahun lalu, di mana hanya ada sebanyak 14 perjalanan dengan total penumpang 418 orang.

Adapun Pola FIT oleh PT KA Pariwisata ini mulai diluncurkan pada saat masa Lebaran 2017. Sementara Pola Charter sudah dilaksanakan sejak 9 tahun silam.

Sunarjo menyebutkan, pihaknya mempersiapkan sebanyak tujuh rute perjalanan dengan menggunakan Pola FIT dengan titik start di Stasiun Gambir, yakni Gambir-Bandung (Arti Parahyangan Priority), Gambir-Semarang (Argo Sindoro Priority), Gambir-Yogyakarta (Taksaka Malam Priority), Gambir-Solo (Argo Lawu Priority), Gambir-Surabaya Turi (Sembrani Priority), Gambir-Surabaya Gubeng (Bangunkarta Priority), dan Gambir-Malang (Gajayana Priority).

Terkait harga, ia memaparkan, tarif perjalanan FIT termahal adalah untuk kereta dengan rute Gambir-Bandung, yakni seharga Rp 300 ribu. "Kalau yang paling mahal itu Gambir-Malang, antara Rp 1.100.000-Rp 1.200.000," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Charter Alami Penurunan

Dia pun menghitung, untuk Pola Charter pada tahun ini mengalami penurunan jumlah perjalanan, dari yang sebelumnya ada 38 perjalanan pada 2017 menjadi 22 perjalanan pada 2018.

"Permintaan tetap ada, hanya dibatasi rangkaian pada kereta-kereta tertentu saja," urai dia.

Lebih lanjut, ia turut mempromosikan, bahwa masih tersedia satu slot untuk Pola Charter atau pola sewa ini, yakni pada 9 Juni 2018 dengan tujuan Gambir-Surabaya Gubeng.

"Kita masih ada satu slot lagi untuk tanggal 9 Juni. Slot itu berupa satu gerbong yang terdiri dari 28 seat," tukas Sunarjo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.