Sukses

Pertamedika IHC Kelola Rumah Sakit Migas di Cepu

Pertamedika IHC menggandeng BPSDM Kementerian ESDM untuk pengelolaan Rumah Sakit PPSDM Migas Cepu.

Liputan6.com, Jakarta - Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rumah Sakit, PT Pertamedika-Indonesia Healthcare Corporation (IHC) telah menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) dengan BPSDM Kementerian ESDM untuk pengelolaan Rumah Sakit PPSDM Migas Cepu. Penandatanganan dilakukan hari ini di Gedung PPSDM Geominerba, Bandung.

BPSDM Kementerian ESDM menggandeng Pertamedika IHC untuk mengelola Rumah Sakit milik PPSDM Migas Cepu yang saat ini tengah mengalami renovasi fisik. RS PPSDM Migas Cepu yang tadinya adalah sebuah klinik yang dikenal dengan nama balai pengobatan ini nantinya akan naik kelas menjadi Rumah Sakit tipe D.

Didorong oleh tren pertumbuhan ekonomi Blora yang menduduki peringkat 2 se-Indonesia, dan Cepu adalah penyumbang terbesar untuk jalannya roda ekonomi Blora. Dengan rencana pembukaan bandara di Ngloram, Cepu serta rencana Jalan Rembang – Blora – Cepu akan menjadi jalan nasional serta existing bisnis minyak berkembang untuk 30 tahun ke depan di Cepu-Blora Bojonegoro. Banyak perusahaan Migas di Cepu : Pertamina EP, Pertagas, Exxon, dan sub-kontraktornya.

"Maka makin menegaskan akan urgensi berdirinya sebuah rumah sakit yang memiliki fasilitas kesehatan modern dan lengkap di wilayah Cepu," kata Kepala BPSDM ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja dalam keterangan resminya, Jumat (4/5/2018).

Rumah sakit ini akan memiliki pelayanan rawat jalan, rawat inap dan penunjang medis. Rawat jalan akan dipenuhi dengan fasilitas klinik umum, klinik gigi dan mulut, klinik internis, klinik obsgyn, klinik THT, klinik kulit dan kelamin, klinik mata, klinik anak, klinik rehabilitasi medis, klinik saraf, dan kinik jantung

Sedangkan fasilitas rawat inap di rumah sakit ini, antara lain ruang rawat kelas I, II, III, VIP, VVIP dan ICU. Untuk penunjang medis pada perencanaan akan mengadakan Radiologi, Laboratorium, Hemodialisa, Fisioterapi, Gizi, Fisiotherapi, MCU, Apotik 24 Jam, Laboratorium 24 Jam, fasilitas Lainnya, UGD, Ambulance, Kamar Jenazah, ATM Center, dan kafetaria. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dirut Pertamedika IHC Dany Amrul Ichdan menambahkan bahwa secara bertahap RS akan dibangun disesuaikan dengan kebutuhan layanan kesehatan di wilayah tersebut, yang nantinya setahap demi setahap dapat berkembang sesuai kebutuhan dan permintaan masyarakat.

Dalam kerja sama pengelolaan dan pengembangan rumah sakit ini, BPSDM ESDM mempercayakan sepenuhnya kepada Pertamedika IHC untuk dapat menyediakan sarana dan prasarana yang diisyaratkan dalam pendirian rumah sakit dan selanjutnya melaksanakan pengelolaan dan pengembangan RS tersebut.

Dany mengatakan, Pertamedika IHC melihat RS PPSDM Migas Cepu ini sebagai rumah sakit yang potensial untuk dijadikan sebagai pusat layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Cepu yang saat ini membutuhkan pelayanan kesehatan modern, dengan peralatan terkini, tenaga dokter spesialistik dan petugas medis yang kompeten dan mumpuni.

"Dengan manajemen pengelolaan rumah sakit modern di bawah Pertamedika IHC sebagai anak perusahaan Pertamina di bidang kesehatan yang telah ditunjuk oleh Menteri BUMN sebagai holding pperator rumah sakit BUMN se-Indonesia," jelas Dany.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini