Sukses

Ingin Cepat Balik Modal? Coba Deh 7 Bisnis UMKM Ini

Liputan6.com, Jakarta - Saat akan memulai bisnis pasti kamu juga akan mempertimbangkan kapan bisa balik modal bukan? Butuh berapa lama nih untuk balik modal, setahun, dua tahun, atau malah sampai sepuluh tahunan?

Menurut Ketua Umum Dewan Pemimpin Pusat Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan, dibutuhkan waktu 10 hingga 12 tahun bagi para pengusaha pusat perbelanjaan untuk balik modal.

Jika terlalu melihat ke atas, rasanya semakin sulit saja untuk memulai bisnis. Apalagi buat kamu yang ingin segera balik modal tanpa perlu menunggu bertahun-tahun. Nah, solusinya adalah dengan bisnis kecil-kecilan ala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Ternyata ada beberapa jenis bisnis UMKM yang bisa balik modal cepat lho! Berikut ini adalah 7 bisnis UMKM yang bisa balik modal cepat seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Bisnis kuliner tidak pernah mati, coba franchise

Karena semua orang membutuhkan makanan, maka bisnis kuliner pun tidak akan pernah mati. Dengan mencoba bisnis kuliner, kamu bisa lebih cepat balik modal, apalagi kalau memilih franchise. Mengapa bisnis kuliner lebih cepat balik modal?

Karena bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, tetapi bisa mendapatkan keuntungan yang cepat. Hal ini akan didukung dengan nama besar produk franchise yang kamu pilih. Sudah ada pelanggan setia yang akan membeli produkmu.

2. Bisnis online yang makin menggiurkan

Ini nih salah satu keuntungan majunya dunia digital, sekarang apa pun bisa dijual secara online! Kamu bisa menjual beragam produk seperti makanan, fashion, buku, hingga barang elektronik secara online. Bisa dimulai dengan membuat website hingga memanfaatkan media sosial untuk menjual produkmu!

Jika ingin menjualnya via website, kamu harus menyiapkan dana untuk membeli domain dan juga sumber daya manusia untuk mengelola website-mu. Nah, ini tentu lebih murah dibandingkan membuka toko dan mempersiapkan segala perlengkapannya.

Belum lagi harus menyediakan bujet untuk menggaji karyawan. Akan lebih enak secara online dan kamu bisa memanfaatkan jasa pengiriman barang.

Simak video menarik di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Selanjutnya


3. Bisa juga menjadi reseller

Baik secara online dan offline, bisnis reseller makin diminati nih. Kamu cukup melihat tren yang ada di masyarakat dan menjual produk yang tengah populer. Nantinya, kamu bisa menjualnya dengan harga yang sudah kamu naikkan dari harga jual produsen.

Misalnya, kamu berencana akan menjual cold brew coffee latte dan membelinya dari produsen dengan harga Rp 10 ribu. Padahal harga normal produsen adalah Rp 15 ribu, tetapi karena kamu reseller maka dapat potongan. Nah, sesudahnya kamu akan menjualnya di pasaran dengan harga Rp 17.500.

Maka, kamu akan mendapatkan untung sebesar Rp 7.500 tiap botolnya. Coba hitung berapa keuntunganmu dalam sebulan jika dapat menjual banyak cold brew coffee latte! Dan tentunya bisa lebih cepat balik modal nih. Agar daganganmu cepat laku dijual, pilih barang yang unik dan sulit didapatkan di area kamu berbisnis.

Selanjutnya


4. Membuka angkringan ala resto, siapkan Wi-Fi

Siapa coba yang tidak tergoda untuk nongkrong di angkringan dengan fasilitas premium? Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa mengubah bisnis angkringan sederhana menjadi sedikit mewah nih. Yaitu dengan menambahkan fasilitas Wi-Fi.

Tentunya pada anak muda akan lebih suka nongkrong di tempatmu. Mereka tidak perlu membayar mahal untuk makanan dan minuman yang dipesan, tetapi sudah bisa mengakses internet secara gratis!

Jika dihitung dari modal awal sebesar Rp 5 juta, kamu bisa membelanjakannya untuk membeli gerobak dan perkakas dapur seperti sendok, piring, gelas, dan lain-lain.

Ditambah untuk bayar Wi-Fi tiap bulannya sebesar Rp 1 juta. Dan juga modal untuk makanan dan minuman sebesar 200 ribu perhari. Coba deh dihitung, kalau penghasilannmu setiap harinya Rp 500 ribu, maka dalam sebulan pendapatanmu bisa mencapai Rp 15 juta!


Selanjutnya


5. Persewaan lapangan futsal

Tahukah kamu bahwa bisnis persewaan lapangan futsal bisa cepat balik modal? Dikutip dari futsal.co.id, bisnis ini bisa balik modal kurang dari 16 bulan!

Pantas saja jika bisnis persewaan lapangan futsal begitu menjanjikan, karena bisnis ini memang tidak pernah sepi pelanggan. Baik mahasiswa maupun pekerja kantoran banyak menghabiskan waktu mereka dengan main futsal bareng teman-temannya.

Perhitungan untungnya adalah kamu mengeluarkan modal di awal sebesar Rp 400 juta dan memiliki pendapatan bulanan bisa mencapai Rp 25 juta. Hal ini bisa tercapai jika kamu memasang tarif 100 ribu per jam dan per harinya terdapat pelanggan yang menyewa selama 8-10 jam. Sangat menggiurkan kan bisnis yang satu ini?

Selanjutnya



6. Tertarik dengan bisnis percetakan?

Zaman sudah bergeser nih, memang masih ada yang menggunakan jasa print dan fotocopy sekarang? Bukankah semua kantor sudah punya alat cetak sendiri dan para mahasiswa juga seringnya membeli printer untuk kebutuhan kuliah? 

Tanpa diduga-duga, bisnis percetakan masih ada kok geliatnya. Maksudnya adalah bisnis percetakan digital untuk membuat id card, kartu nama, poster, banner, dan lain-lain.

Bisnis percetakan digital ini bisa balik modal dalam waktu 5 bulan. Perhitungannya, kamu bisa mendapatkan penghasilan sebesar kurang lebih  Rp 40 juta per bulan. Hal ini tentu menguntungkan karena kamu hanya perlu mengeluarkan modal awal sebesar Rp 150 juta untuk membeli komputer, scanner dan printing.

Selanjutnya



7. Bisnis laundry kiloan? Bisa!

Saat memulai bisnis laundry kiloan, kamu perlu melihat peluang pasar yang ada di sekitar. Misalnya, jika ingin menarget anak kos-kosan, kamu bisa membuka bisnis laundry kiloan dekat kampus atau perkantoran.

Bisnis laundry kiloan makin menjanjikan karena modalnya tidak terlalu besar. Dilansir dari Investasiuntung.com, kamu cukup menyiapkan modal Rp 10 juta untuk membeli seterika, satu mesin cuci, dan modal biaya kerja untuk sebulan.

Jika lokasi bisnis laundry kiloanmu strategis, bisa mendapatkan keuntungan Rp 3 juta setiap bulannya. Dengan begitu, kamu bisa balik modal pada bulan keempat nih!

Beberapa bisnis UMKM ini bisa kamu jadikan referensi untuk membuka bisnis. Ternyata banyak juga kan bisnis UMKM yang bisa balik modal dalam waktu cepat? Dan lagi, kamu juga diuntungkan dengan modal yang tidak terlalu banyak untuk memulai usaha.


Loading