Sukses

Fakta Soal Emas yang Jarang Orang Ketahui

Emas tidak bisa berkarat dan bagaimana pun bentuknya emas tetap memiliki unsur yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Emas telah banyak dikenal oleh manusia. sekitar 700 sebelum masehi, emas dijadikan alat tukar dalam perdagangan. Emas begitu berharga karena memiliki nilai yang tinggi.

Selain itu, emas memiliki sifat yang abadi. Artinya emas tidak bisa berkarat dan bagaimana pun bentuknya emas tetap memiliki unsur yang sama.

Setiap orang pasti menyukai emas. Selain sebagai perhiasan, emas juga dianggap sebagai salah satu barang untuk berinvestasi.

Tahukah Anda bahwa ternyata ada fakta lain dibalik emas? Berikut fakta lain tentang emas menurut Economictimes India, Sabtu (15/7/2017):

1. Mendali emas olimpiade bukan terbuat dari emas asli

Mendapatkan mendali emas dalam sebuah olimpiade merupakan suatu kebanggan bagi para atlet. Namun, ternyata, mendali emas yang diterima oleh para atlet tidak murni terbuat dari emas.

Ternyata hanya 1 persen kandungan emas yang terdapat pada medali para atlet. Sisanya, medali tersebut terbuat dari 92 persen silver atau dan 7 persen tembaga.

2. Emas bisa dimakan

Emas 'biologis inert', yang berarti bisa melewati saluran pencernaan Anda tanpa terserap ke dalam sistem Anda. Meski begitu, kebanyakan ahli menganjurkan agar memakan emas.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Takut dengan emas

3. Aurophobia

Tidak semua orang menyukai emas. Beberapa orang menderita ketakutan irasional dan ekstrim terhadap emas. Ketakutan itu disebut aurophobia. Pemandangan atau penyebutan emas bisa menyebabkan mual, pusing dan serangan panik, di antara gejala lainnya.

4. ATM koin emas dan emas batangan

ATM yang mengeluarkan uang tunai sudah biasa digunakan oleh masyarakat. Namun, ternyata terdapat sebuah ATM di Dubai yang mengeluarkan koin emas dan emas batangan.

5. Ponsel memiliki emas di dalamnya

Apakah Anda pernah terpikir bahwa ponsel yang selama ini Anda pakai menggandung emas? Mungkin ini juga yang membuat ponsel terkadang menjadi mahal.

Jika Anda mengumpulkan 900 kilo ponsel, Anda bisa mengumpulkan lebih banyak emas dari pada itu dari pada yang bisa Anda dapatkan dari bijih emas dengan berat yang sama.

Setelah mengetahui fakta lain yang ada di dalam emas. Apakah Anda tetap menyukai emas? (Fransiska Wahyuning)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas