Sukses

Harga Cabai Merah Keriting Merangkak Naik

Harga cabai merah keriting meningkat cukup drastis pada pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta Harga cabai merah keriting ‎di pasar tradisional di Jakarta merangkak naik jelang akhir pekan ini. Meski demikian, harga jenis sayuran lain cenderung stabil bahkan turun.

Sumiati (37), salah satu pedagang sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan, harga cabai merah keriting meningkat cukup drastis pekan ini. Setidaknya komoditas sayuran tersebut naik hingga Rp 15 ribu per kilogram (kg) dalam sepekan ini.

"Cabai merah keriting lain naik, kalau cabai yang lain stabil, malah yang rawit merah dikit-dikit mulai turun," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Dia mengungkapkan, belakangan ini harga cabai merah keriting menjadi yang paling murah dibandingkan jenis cabai lain. Sebelumnya, cabai tersebut dijual Rp 20 ribu-25 ribu per kg. Namun kini, harga cabai berkisar Rp 35 ribu-40 ribu per kg.

Untuk cabai rawit merah yang sebelumnya tembus hingga di atas Rp 100 ribu per kg, kini mulai turun. Saat ini cabai tersebut dijual Rp 70 ribu per kg.

"‎Alhamdulillah yang rawit merah sudah mulai turun. ‎Sekarang sudah Rp 70 ribu. Tapi belum balik ke normal, kan biasanya juga Rp 35 ribu," kata dia.

Sementara untuk harga sayuran lain masih‎ cenderung stabil. Seperti bawang merah dijual dengan harga Rp 35 ribu per kg, kentang Rp 15 ribu per kg, dan wortel Rp 10 ribu per kg.

Berikut daftar harga sayuran di Pasar Minggu, berdasarkan pantauan Liputan6.com.

- Cabai rawit merah Rp 70 ribu per kg
- Cabai merah keriting Rp 35 ribu per kg
- Cabai rawit hijau Rp 40 ribu per kg
- Cabai merah besar Rp 35 ribu per kg
- Bawang merah Rp 35 ribu per kg
- Timun Rp 10 ribu per kg
- Wortel Rp 10 ribu per kg
- Bawang Putih Rp 50 ribu pe‎r kg
- Tomat Rp 12 ribu per kg
- Kentang Rp 15 ribu per kg
- Kacang Panjang Rp 15 ribu per kg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.