Sukses

7 Trik Menjadi Bos yang Dicintai Anak Buah

Liputan6.com, Jakarta - Kepemimpinan tentu subjektif. Akan tetapi satu hal mendasar dari kepemimpinan tersebut yaitu kemampuan individu membangun hubungan antara individu yang lain.

Setiap pemimpin memiliki gaya dan strategi mereka. Gaya kepemimpinan mereka dipengaruhi sejumlah faktor. Apalagi saat ini tantangan bisnis yang dihadapi semakin rumit antara lain digitalisasi, perubahan aturan, keuangan, pasar, rekrutmen dan mempertahankan talenta baik.

Berikut arti kepemimpinan seperti dirangkum Business News Daily dari sejumlah pendiri usaha dan pimpinan, yang dikutip Sabtu (8/4/2017):

1. Memperbaiki lingkungan Anda

"Tidak ada satu ukuran cocok untuk mendefinisikan kepemimpinan. Namun kepemimpinan harus rendah hati, otentik atau asli, mampu ekpresikan kepribadian yang unik, dan mendorong untuk perbaikan lingkungan di mana Anda berada,"  Katie Christy, Pendiri Activate Your Talent.

2. Mengenal diri sendiri dan tim

"Bagi saya kepemimpinan untuk mengoptimalkan kekuatan, dan menekan kelemahan agar lebih produktif dan efisien. Ini tentang bagaimana Anda mengenal diri sendiri dan tim, serta melakukan hal terbaik dalam pekerjaan untuk meraih kesuksesan," Co-Founder Neon Bandits Samantha Cohen.

2 dari 3 halaman

Terbuka dan Beri Dampak Positif

3. Memberi atau mendorong orang lain agar sukses

"Kepemimpinan artinya melayani orang bekerja kepada Anda dengan memberikan mereka cara atau alat untuk sukses. Pekerja Anda mengetahui apa yang dicari konsumen. Kemudian bersikap apa adanya, memimpin penuh tanggung jawab, dan cepat respons jika ada sesuatu buruk," Jordan French, Founding CMO, BeeHex Inc, dan 3D Food Printing.

4. Terbuka dan memberi dampak positif

"Kepemimpinan berasal dari pengaruh, dan pengaruh dapat datang dari siapa saja, bagian mana saja, dan peranan setiap orang. Pemimpin itu seseorang terbuka, bersikap apa adanya, menolong, dan berdampak memberikan pengaruh. Kepemimpinan sejati memberikan dampak positif bagi orang lain di sekitarnya," Kurt Uhlir, CEO dan co-founder Sidegik.

5. Percaya diri dan berani

"Seorang pemimpin memiliki kejelasan dengan apa yang dilakukannya. Percaya diri, dan mengakui kesalahan ketika salah, dan berani melakukan apa yang benar, meski itu sulit," Darcy Eikenberg, Pendiri RedCapeRevolution.com.

3 dari 3 halaman

Punya Tujuan

6. Punya tujuan

Setiap kepemimpinan punya gaya berbeda. Namun pada intinya pemimpin yang membuat orang yang mereka pimpin atau bawahannya mencapai yang mereka inginkan. Para pemimpin yang efektif bukan karena ditakuti anak buah, intimidasi dan sebagainya. Namun pemimpin itu membangun tujuan yang dicapai bersama," Tom Madine, CEO Worldwide Express.

7. Memberikan solusi

"Kepemimpinan memiliki kemampuan untuk melihat suatu masalah, dan menyelesaikannya. Begitu banyak orang bicara soal masalah, tetapi tidak banyak yang melihat masalah sebagai tantangan dan menyelesaikannya," Andrea Walker-Leidy, Pemilik Walker Publicity Consulting.

Begitu banyak definisi soal kepemimpinan. Mulai dari menolong orang untuk meraih sesuatu yang tidak mungkin, membangun generasi untuk menjadi pemimpin selanjutnya, punya tanggung jawab untuk membangun tim yang memiliki arah dan visi.

Pemimpin baik bukan fokus pada kata "saya" tetapi "kita". Selain itu, pemimpin baik juga memiliki kemampuan mendengar dan memberikan inspirasi kepada orang lain. (Dian Ayu)

 

Loading