Sukses

Harga Cabai Rawit Merah Masih Betah di Rp 160 Ribu per Kg

Harga cabai rawit merah tidak banyak bergerak dalam sebulan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Harga cabai rawit merah masih betah di kisaran Rp 160 ribu per kilogram (kg). Harga cabai jenis ini tidak banyak bergerak dalam sebulan terakhir.

Hadi Sukarto (48), pedagang di Pasar Kebayoran Lama mengatakan, harga cabai rawit merah telah menyentuh Rp 160 ribu per kg pada akhir Januari 2017. Sebelum sampai ke Rp 160 ribu per kg, harga cabai rawit di kisaran Rp 140 ribu per kg.

"Cabai rawit merah masih Rp 160 ribu per kg. Sudah sebulan, dari bulan dua apa satu, terus naik," kata dia saat berbincang kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama Jakarta, Jumat (24/2/2017).

Tak turun, justru harga cabai rawit fluktuasi dan cenderung naik. Dia mengaku harga cabai sempat meloncat ke Rp 180 ribu per kg. "Minggu kemarin sampai Rp 180 ribu per kg," ucap dia.

Tingginya harga cabai rawit merah, menurut dia, karena cuaca buruk, sehingga menggerus pasokan. Bukan hanya itu, cuaca buruk juga menyebabkan distribusi pasokan cabai rawit menjadi terhambat.

Konsumen pun mengeluh meski mau tak mau harus memenuhi kebutuhannya akan cabai. Terlebih untuk konsumen rumah tangga.

Hadi pun  mengaku kebingungan menjual cabai karena harga terlalu tinggi. Alhasil, penjualan cabai dihitung berdasarkan biji. "Setengh ons bisa ya 12 biji. Setengah ons Rp 8.000," ujar dia.

Pedagang lain, Sutamaaji, mengatakan hal senada. Harga cabai memang sudah terlampau tinggi. Alhasil, para pelanggan pun telah mengurangi pembeliannya. "Yang beli dikit-dikit," ucap dia.

Berikut pantauan harga sayur mayur di pasar tradisional Kebayoran Lama, Jakarta:

Cabai rawit merah Rp 160 ribu per kg
Cabai keriting merah Rp 40 ribu per kg
Cabai rawit hijau Rp 80 ribu per kg
Bawang merah Rp 46 ribu per kg
Bawang putih Rp 40 ribu per kg
Tomat Rp 6.000 per kg
Kentang Rp 16 ribu per kg
Kol Rp 10 ribu per kg
Daun bawang Rp 15 ribu per kg
Sawi Rp 10 ribu per kg
Timun Rp 8.000 per kg
Wortel lokal Rp 12 ribu per kg
Wortel impor Rp 24 ribu per kg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.