Sukses

Daftar Industri Favorit Para Pekerja di Indonesia

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh tersendiri terhadap preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan impiannya.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai profesi bisa menjadi pilihan seseorang dalam bekerja. Pilihan ini biasanya didasarkan dari berbagai faktor seperti latar belakang pendidikan, kemampuan hingga pengaruh dari lingkungan sekitar.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan pengaruh tersendiri terhadap preferensi seseorang dalam memilih pekerjaan impiannya. Hal inilah yang tergambar dari hasil survei yang dikeluarkan oleh Karir.com.

Dalam laporan yang berjudul Salary Benchmark Insight 1.2, industri telekomunikasi/IT menempati peringkat teratas sebagai industri yang banyak dipilih oleh pekerja Indonesia.

Sebanyak 30 persen responden memilih IT sebagai industri pilihan mereka saat bekerja. Hal ini terjadi dikarenakan IT dinilai sebagai industri yang sedang berkembang.

Selain IT, industri keuangan dan ritel juga menempati posisi teratas sebagai pilihan pekerja. Sebanyak 12.650 responden memilih perbankan sebagai jalur karier mereka. Di tahun sebelumnya, industri perbankan ini mampu menarik perhatian paling besar.

Sementara itu, industri ritel mendapat porsi 19 persen dari total responden. Posisi selanjutnya ditempati oleh industri energi dan manufaktur yang sama-sama menjadi pilihan dari 9 persen responden survei.

Apabila ditelisik dari fungsi pekerjaan, sebanyak 27 persen responden memilih bekerja sebagai HR. Hanya 12 persen atau 6.600 orang responden yang berminat untuk bekerja sebagai marketing dan sales.

Responden yang berpartisipasi dalam survei ini berasal dari 84 industri yang berbeda dan rentang usia yang beragam. Total, Karir.com melakukan survei pada 37 ribu responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.