Sukses

Jauhi 4 Tipe Orang Ini Kalau Anda Ingin Cepat Menabung

Alih-alih berhasil, tabungan Anda pun justru ludes dalam waktu singkat apabila dikelilingi oleh orang seperti ini.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak faktor yang menentukan keberhasilan seseorang saat menabung. Selain kedisiplinan, dukungan dari orang sekitar juga bisa memberikan pengaruh positif bagi kebiasaan Anda menabung.

Namun apa jadinya apabila Anda ternyata dikelilingi orang yang menghambat niat Anda? Alih-alih berhasil, tabungan Anda pun justru ludes dalam waktu singkat.

Demi bisa berhasil menabung, berikut empat tipe orang yang sebaiknya Anda hindari dilansir dari cheatsheet.com, Senin (10/10/2016):

1. Si peminjam

Beberapa dari Anda mungkin memiliki teman yang suka meminjam uang untuk kebutuhannya. Walau menolong mereka merupakan hal yang baik untuk dilakukan, ada baiknya apabila Anda tidak melakukan hal ini berlarut-larut.

Selain bisa membuat mereka tidak mandiri, terus meminjamkan mereka uang juga dapat berdampak negatif pada kondisi keuangan Anda.

2. Si hobi bersenang-senang

Tidak ada salahnnya memang untuk menikmati uang hasil jerih payah Anda bekerja selama ini. Namun, bukan berarti bahwa uang tersebut harus Anda habiskan untuk bersenang-senang.

Beberapa orang biasanya melakukan hal ini akibat tekanan dari lingkungan sekitar. Untuk menghindarinya, cobalah untuk membatasi pergaulan dengan teman-teman seperti ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Si keluarga yang suka meminjam

3. Si keluarga yang suka meminjam

Tipe jenis ini hampir sama dengan si peminjam. Bedanya, mereka merupakan bagian dari keluarga yang memiliki hubungan lebih erat dibanding teman.

Akan sulit pada awalnya untuk berhubungan dengan orang seperti ini. Namun jika Anda tidak ingin kondisi keuangan berantakan, Anda harus membatasi diri Anda dengan mereka.

4. Si pasangan yang manja

Setiap orang pasti memiliki sosok pasangan yang ia kagumi. Mereka rela untuk melakukan hal apapun agar pasangannya bisa merasa senang. Sayangnya, ada beberapa pasangan yang justru bersikap manja sehingga terus mengajukan berbagai permintaan untuk dipenuhi.

Seperti halnya beberapa poin diatas, akan lebih baik bagi Anda untuk bertindak tegas untuk menghindari kondisi finansial yang buruk. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini