Sukses

5 Negara Pengimpor Senjata Terbesar di Dunia, Mana Saja?

Beberapa negara di dunia mampu mendapat penghasilan yang besar dari impor senjata.

Liputan6.com, Jakarta - Isu pertahanan menjadi salah satu aspek penting dari sebuah negara. Oleh karenanya, alat pertahanan seperti senjata merupakan hal yang penting untuk dimiliki sebuah negara dalam mempertahankan keamanannya.

Beberapa negara di dunia mampu mendapat penghasilan yang besar dari impor senjata. Negara timur tengah Uni Emirat Arab merupakan satu negara yang menjadi pengimpor alat pertahanan dengan jumlah yang besar. UAE menempati tempat keempat dengan total pembagian pasar saham impor senjata sebesar 4,6 persen.

Melansir worldatlas.com, Kamis (11/8/2016) berikut 5 negara pengimpor senjata terbesar di dunia:

5. Australia


Negara kangguru ini memiliki pembagian saham pasar impor senjata sebesar 3,6 persen. Nilai yang besar ini seiring dengan target ambisius pemerintah Australia untuk memperbarui armada angkatan bersenjata 'jet tempur, kapal selam, fregat dan kendaraan lapis baja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uni Emirat Arab

4. Uni Emirat Arab (UEA)

Dengan nilai pembagian saham pasar impor senjata sebesar 4,6 persen, UEA sukses menempati posisi keempat sebagai negara dengan jumlah impor senjata terbesar di dunia. Senjata impor yang didapatkan Uni Emirat Arab berasal dari negara besar seperti Amerika Serikat dan Prancis.

3. China

Peringkat ketiga ditempati oleh China dengan nilai pembagian saham pasar impor senjata sebesar 4,7 persen dari total impor senjata keseluruhan. Jumlah senjata yang diimpor ke China mengalami kenaikan atas jumlah senjata yang diimpor akibat peningkatan industri militer lokal yang berada di negaranya. Pengimpor senjata untuk China didominasi oleh Amerika Serikat.

3 dari 3 halaman

Arab Saudi

2. Arab Saudi

Pada 2014, hampir seluruh warga Arab Saudi harus rela menyemplungkan dirinya dalam perang. Konflik yang terjadi di beberapa negara tetangga Arab Saudi seperti Syria, Irak, dan Yaman membuat Arab Saudi menambah kapasitas peralatan senjata yang dimilikinya. Di 2015, negara ini dilaporkan menghabiskan sekitar US$ 9,8 miliar untuk senjata.

1. India


India telah mengalami kenaikan pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini akhirnya berkontribusi pada anggaran pembeli alat senjata yang meningkat. India memiliki nilai pembagian saham pasar impor senjata sebesar 14 persen. Angka tersebut berhasil menempatkan India sebagai peringkat pertama negara pengimpor senjata terbesar di dunia. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini