Sukses

Biar Lebih Produktif, Lakukan 5 Hal Ini Sepulang Kerja

Sepulang kerja biasanya menjadi waktu istirahat bagi sebagian besar pegawai agar kembali bugar saat berada di kantor keesokan harinya.

Liputan6.com, Jakarta - Sepulang kerja biasanya menjadi waktu istirahat bagi sebagian besar pegawai agar kembali bugar saat berada di kantor keesokan harinya.

Sayangnya, tak semua pegawai dapat memanfaatkan waktu pulang kantor dengan baik sehingga masih lelah saat harus kembali bekerja.

Banyak orang yang tidak tahu bahwa mengakhiri hari dengan cara yang tepat dapat membuatnya menjadi jauh lebih produktif saat bekerja keesokan harinya.

Maklum, beristirahat dengan tenang dapat menyegarkan pikiran yang telah lelah beraktivitas selama seharian penuh.

 

Penulis buku `Marketing for Dummies` Kevin Daum mengatakan, mengakhiri hari dengan perasaan cemas dan tertekan, dapat mengganggu aktivitas di pagi hari.

Untuk menghindarinya, berikut lima hal yang perlu dilakukan sepulang kerja agar lebih produktif saat bekerja seperti dilansir dari Inc.com, Rabu (1/6/2016):

1. Cek ketuntasan pekerjaan

Tak semua orang melakukan pekerjaannya dengan sempurna setiap hari. Untuk itu, sisihkan 20 menit sebelum meninggalkan kantor guna mengecek apakah seluruh pekerjaan Anda telah selesai atau belum.

Jangan sampai Anda masih mendapat telepon dari atasan setibanya di rumah lantaran ada pekerjaan yang belum tuntas. Bekerja di malam hari dapat membuat Anda kurang produktif keesokan harinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Balas semua email

2. Balas semua email

Jangan biarkan waktu istirahat Anda terganggu lantaran berbagai email yang berkaitan dengan pekerjaan. Meski memang, hubungan profesional tak pernah lepas dari berkirim e-mail.

Beristirahatlah dengan tenang tanpa gangguan pekerjaan di rumah.  Hal ini dapat membuat Anda lebih segar saat berhadapan dengan pekerjaan keesokan paginya.

3. Siapkan pakaian kerja di malam hari

Tergesa-gesa menyiapkan pakaian untuk dikenakan ke kantor kadang membuat Anda justru tampil tidak rapih. Lihatlah agenda kerja untuk besok pagi, dan siapkan baju yang cocok untuk itu.

Kadang terlambat bangun justru membuat Anda kesulitan menemukan pakaian yang tepat untuk dipakai bekerja. Hati-hati, datang terlambat dapat mengganggu aktivitas Anda.

3 dari 3 halaman

Matikan ponsel


4. Matikan alat komunikasi sebelum tidur

Meski tak banyak orang yang menghubungi Anda di malam hari, tapi bukan tidak mungkin email, dering telepon, dan pesan singkat tetap berdatangan. Maka sebelum tidur, matikan ponsel dan berbagai alat komunikasi lainnya agar dapat beristirahat dengan tenang.

5. Meditasi

20 menit sebelum tidur, instropeksi berbagai kegiatan yang Anda lakukan di hari tersebut. Meditasi merupakan salah satu cara untuk menenangkan diri. Atur nafas dan berdia dapat memberikan ketenangan setelah beraktivitas kerja seharian. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.