Sukses

Hemat 5 Hal Ini Malah Bikin Anda Tambah Boros

Ada beberapa kondisi yang tidak mengharuskan Anda untuk berhemat. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Berhemat merupakan suatu hal yang harus Anda lakukan. Namun ternyata ada beberapa kondisi yang tidak mengharuskan Anda untuk berhemat, apa saja?

Berikut ulasannya seperti dilansir dari howcast.com, Minggu (28/2/2016):

1. Belanja barang dengan promo diskon

Belanja suatu barang dengan sistem grosir biasanya akan mendapatkan diskon khusus. Hal ini menguntungkan dan memang merupakan salah satu strategi untuk hidup hemat. Namun, jangan sampai strategi ini salah sasaran.

Pastikan barang yang akan dibeli dengan grosir ini memang Anda butuhkan dan dapat tahan dalam waktu yang lama.

Apa gunanya Anda membeli tempe dan tahu secara grosir untuk sebulan, sedangkan produk tersebut dapat kadaluarsa dalam waktu kurang dari seminggu? Yang ada malah jadi boros.

2. Mengejar harga murah tanpa peduli kualitas

Barang murah memang tidak selalu berarti murahan. Hanya saja, tidak semua jenis barang bisa kita beli dengan prinsip tersebut.

Perhatikan apakah harga baju yang semurah itu kualitasnya mirip dengan baju yang Rp 50 ribu atau justru jauh di bawah. Jangan sampai baru sekali dipakai malah langsung luntur setelah dicuci. Hal ini hanya akan membuat kita lebih rugi.

3. Mengabaikan reparasi peralatan rumah

Kalau Anda punya perabotan, rumah, atau mobil yang mulai rusak beberapa bagiannya, pertimbangkan untuk melakukan reparasi secepatnya.

Menunda reparasi dapat mengakibatkan Anda mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar saat kerusakan barang atau rumah Anda sudah terlalu parah dan tidak bisa diperbaiki.

Kalau mau tetap hemat, Anda bisa pelajari cara reparasi sendiri atau sewa jasa dari teman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Memilih junk food

Bagi Anda penggemar junk food seperti ayam dan kentang goreng instan demi berhemat, sebaiknya belajarlah untuk meninggalkan kebiasaan tersebut.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa junk food tidak baik untuk kesehatan. Bisa-bisa, Anda harus malah harus membayar biaya perawatan rumah sakit yang tinggi kalau Anda sampai jatuh sakit.

Salah satu cara bijak untuk berhemat di makanan adalah dengan memasak sendiri. Selain lebih sehat, jumlah yang Anda keluarkan juga lebih sedikit dibandingkan beli di restoran.

5. Mengabaikan kesempatan untuk berlibur

Liburan atau kegiatan rekreasional itu perlu dimanfaatkan. Kalau Anda hanya terus bekerja setiap hari, suatu saat Anda bisa menumpuk lelah, stres, dan berbagai beban mental lain yang dapat mengganggu kondisi kesehatan Anda. Kalau Anda jatuh sakit, uang yang Anda keluarkan malah jadi banyak. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.