Sukses

Bandara Kaimana Papua Barat Siap Diresmikan Jokowi

Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan terminal penumpang bandara Kaimana pada akhir 2015

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Kaimana atau Bandara Utarom yang terletak di Kabupaten Kaimana, provinsi Papua Barat telah selesai dikembangkan. Bandara ini bakal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan pembangunan terminal penumpang bandara Kaimana pada akhir 2015 dan siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, bersamaan dengan peresmian pembangunan terminal penumpang bandara Wamena di Wamena, Papua yang direncanakan hari ini.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata mengungkapkan, pembangunan bandara Kaimana dilakukan melalui beberapa tahap, dimulai pada 2012 kemudian dilanjutkan pembangunannya pada tahun 2014 dan selesai dibangun pada akhir 2015. Pembangunan terminal penumpang seluas 1.800 m2 ini menelan biaya 75,5 miliar rupiah.

"Kini, Bandara Kaimana atau Utarom memiliki desain terminal penumpang yang modern seperti yang dimiliki bandara Wamena. Dengan kapasitas terminal yang lebih besar maka akan dapat menampung penumpang hingga 102 penumpang," kata dia dalam keterangannya, Rabu (30/12/2015).

Selain itu, terminal penumpang dibuat bersih dan nyaman dalam rangka peningkatan pelayanan kepada penumpang.

Bandara Kaimana yang merupakan bandara kelas III memiliki panjang runway 2000 m x 30 cm, 2 taxi way, 1 appron seluas 170mx60m, dan mampu didarati pesawat sejenis ATR 72-500.

Selain itu, dalam rangka peningkatan keselamatan, Bandara Kaimana telah dilengkapi dengan peralatan navigasi seperti: Non Directional Beacon (NDB), Doppler VHF Omnidirectional Range (DVOR), Precission Approach path indicator (PAPI), dan Airfield Lighting System (AFL) (Yas/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini