Sukses

Begini Cara Menteri PUPR Selesaikan Tol Cimanggis-Cibitung

Ruas tol Cimanggis-Cibitung memiliki panjang 25,39 kilometer yang dimiliki dan dikelola oleh PT Cimanggis.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan mendorong percepatan proses pembangunan tol Cimanggis-Cibitung. Hal tersebut sesuai dengan instruksi menteri (Inmen) yang sudah diterbitkan.

"Saya minta ini dikebut sesuai Inmen sudah saya keluarkan bahwa harus dipercepat," ujarnya di Jakarta, Jumat (2/10/2015).

Menurut dia, salah satu hal yang dilakukan agar proyek ini cepat selesai dan bisa segera dioperasikan yaitu dengan dengan menerapkan pengerjaan sebanyak dua shift atau dua waktu kerja setiap harinya.

Sementara itu, terkait masalah pembebasan lahan yang selama ini menjadi penghambat penyelesaian tol ini, Basuki menyatakan hal tersebut akan dipercepatan dengan menggunakan payung hukum yang baru yaitu Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum. 

"Prosedurnya nanti dengan UU yang baru, sesuai dengan apresialnya," tandas dia.

Ruas tol Cimanggis-Cibitung memiliki panjang 25,39 kilometer (km) dimiliki dan dikelola oleh PT Cimanggis usai diakuisisi oleh PT Waskita Karya. Pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung membutuhkan anggaran Rp 4,52 triliun.

Empat seksi dalam ruas tol Cimanggis-Cibitung, yaitu seksi I Cimanggis-Transyogi sepanjang 5,27 km, Seksi II dengan ruas Transyogi-Narogong sepanjang 3,48 km, Seksi III Narogong-Setu sepanjang 8,83 km dan seksi VI dari Setu-Cibitung Junction sepanjang 7,63 km.

Jalan tol Cimanggis-Cibitung yang menjadi bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang menghubungkan Bandara Soekarno Hatta-Kunciran-Serpong-Cinere-Jagorawi-Cibitung-Cilincing-Tanjung Priok.

Pada sisi timur, JORR II meliputi tol Cimanggis-Cibitung sepanjang 25,4 km, Cibitung-Cilincing sepanjang 34,5 km.

Sedangkan pada sisi barat, meliputi ruas tol Cengkareng-Kunciran sepanjang 15,2 km, Kunciran-Serpong sepanjang 11,2 km, ruas Serpong-Cinere 10,14 km, Cinere-Jagorawi sepanjang 14,6 km. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.