Sukses

Kebijakan Menteri Susi Bikin Industri Perikanan RI Terpuruk

Pengusaha minta pemerintah untuk melakukan perbaikan terhadap kebijakan yang menekan industri.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha minta pemerintah untuk melakukan perbaikan terhadap kebijakan-kebijakan yang selama ini dianggap malah menimbulkan tekanan bagi Industri.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Haryadi Sukamdani mencontohkan, kebijakan moratorium perizinan kapal yang diterapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dinilai membuat industri di sektor perikanan terpuruk.

"Kita masih mencatat yang masih menjadi kendala, misalnya moratorium di laut. Ini kebijakan yang baik tetapi jangka waktunya terrlalu panjang. Harus dicarikan solusi agar industri bisa tumbuh," ujarnya dalam Sarasehan Jokowi dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Jakarta Conventer Center, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Sejumlah kapal ditambatkan di perairan dekat jembatan Suramadu, Surabaya. Kapal-kapal milik nelayan itu digunakan malam hari saat akan mencari ikan.(Antara)

Selain itu, pemerintah juga harus memastikan dana pencairan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) bisa sampai ke daerah dengan lancar. Dengan demikian, diharapkan bisa mendorong pergerakan roda ekonomi di daerah.

"Dana pencairan APBN sampai daerah harus dilakukan secara lancar, jangan dari pusat ada tapi di daerah terhambat," tandasnya. (Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini