Sukses

5 Langkah Mudah untuk Menabung

Selama bertahun-tahun para peneliti berusaha mencari alat dan formula supaya manusia dapat menabung.

Liputan6.com, New York - Banyak orang yang kesulitan menabung. Kalau Anda merasa demikian, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Faktanya, banyak orang tidak punya uang di tabungan bahkan untuk kondisi darurat.

Selama bertahun-tahun para peneliti berusaha mencari alat dan formula supaya manusia dapat menabung. Menurut Today.com, Senin (15/6/2015), ada lima cara yang bisa menjadi acuan,yakni:

1. Bayangkan menabung

Ketika Anda sering membayangkan hal ini, kemungkinan besar Anda menjadi lebih mudah untuk tidak membelanjakan uang.

2. Bayangkan dalam masa pensiun

Ada banyak aplikasi telepon pintar untuk ini. Gambaran diri Anda ketika pensiun, bisa membantu gaya hidup sekarang. Banyak penelitian menyebut cara ini bisa membantu seseorang dalam menyisihkan pendapatannya.

3. Tanda tangan sebuah kontrak

Tentu saja ini bukan kontrak kerja, melainkan kontrak komitmen Anda untuk menabung. Anda bisa melakukannya melalui situs Stickk.com atau kontrak tertulis di depan teman atau keluarga.

Kalau tidak berhasil dengan tujuan dalam kontrak, harus ada konsekuensinya, seperti beramal atau melakukan aksi sosial.

4. Gunakan alat ukur baru

Ubah pola pikir membelanjakan sesuatu ke dalam angka. Cobalah berpikir dengan perbandingan. Misalnya, kalau Anda ingin membeli sepatu atau baju yang tidak diperlukan. Bayangkan uang yang Anda akan habiskan dengan total waktu kerja yang harus dicapai untuk mendapatkan uang itu.

5. Menabunglah berapa pun nilainya

Buat target sehari Anda ingin menabung berapa rupiah. Nilai tidak menjadi masalah asalkan konsisten melakukannya. Bayangkan jumlah uang Rp 10 ribu yang Anda tabung setiap hari dikalikan dengan 365 hari dalam setahun.

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini