Sukses

Sengketa Lahan Selesai, Akses Kargo Bandara Juanda Dibuka

Pembukaan segel akses kargo dilakukan setelah dilakukan pertemuan terbuka antara PT Angkasa Pura I dengan TNI AL pada Kamis pagi ini.

Liputan6.com, Sidoarjo - Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengapresiasi Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) yang bersedia membuka segel akses kargo dari terminal 1 ke terminal  2  Bandara Internasional Juanda, di Sidoarjo, Jawa Timur.

Pembukaan segel tersebut dilakukan pada Kamis (9/4/2015) sekitar pukul 11.30 WIB. Pembukaan segel ini dilakukan setelah pagi hari dilakukan pertemuan terbuka antara PT Angkasa Pura (AP) I dengan Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) I VIP Room Bandara.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo itu, Menteri yang diutus Presiden Jokowi untuk menyelesaikan sengketa antara PT Angkasa Pura (AP) I dengan Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal),  memerintahkan agar segel tersebut dibuka hari ini. Yuddy menegaskan, kalau ada sengketa memang harus diselesaikan. Tetapi jangan sampai mengorbankan pelayanan publik.  

"Bandara adalah salah satu pusat pelayanan publik. Di bandara terdapat berbagai macam instansi. Tetapi seluruh aparatur harus mempunyai visi yg sama, untuk menciptakan efektifitas kerja yang berkesinambungan khususnya," ujar Yuddy yang juga mendatangi segel yang masih terpasang.

Yuddy juga menegaskan, aparatur harus meninggalkan ego sektoral dan terus meningkatkan koordinasi lintas sektoral saat melaksanakan tugas dan fungsinya. Karena itu, persoalan internal terkait kerja sama ini semestinya diselesaikan dalam suasana satu sistem koordinasi pemerintah melalui proses musyawarah. Dengan demikian, pelayanan publik tidak terganggu.

"Silakan diselesaikan, tapi jangan mengganggu apalagi mengorbakan kegiatan ekonomi masyarakat," kata Yuddy, seperti dikutip dari keterangan yang diterbitkan, Kamis pekan ini.

Konflik ini dinilai dapat merusak citra Indonesia di mata internasional. Karena itu, Yuddy menekankan agar masing-masing pihak mempunyai goodwill untuk  menyelesaikan persoalan ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi melakukan mediasi sengketa antara Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) dan PT Angkasa Pura I (AP I). Masalah sengketa itu telah membuat kegiatan kargo di Terminal I ke Terminal II Bandara Juanda terganggu hampir sebulan.

"Saya ditugaskan Bapak Presiden untuk menindaklanjuti surat Pak Gubernur tentang masalah ini sesegera mungkin," kata dia. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini