Sukses

Wapres JK Sesalkan Cadangan Devisa RI Hanya US$ 100 Miliar

"Kita mengeluh tentang cadangan devisa. Sebenarnya negeri sebesar ini terlalu disayangkan hanya US$ 100 miliar," tutur Wapres Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyayangkan, RI yang seharusnya negara kaya namun memiliki cadangan devisi kecil.

"Kita mengeluh tentang cadangan devisa. Sebenarnya negeri sebesar ini terlalu disayangkan hanya US$ 100 miliar," kata JK, dalam sambutannya, pada acara penutupan perdagangan saham 2014 di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (30/12/2014).

Dia mengatakan, hal tersebut disebabkan karena adanya persepsi yang salah dari para ekportir. Menurut JK, selama ini eksportir yang hanya melakukan ekspor baru dianggap sukses.

"Kenapa itu terjadi, karena perilaku ekspor tidak dikontrol dengan baik. Persepsi ekportir adalah ekspor angkut batu bara dan kelapa sawit dianggap sukses," lanjutnya.

Padahal, menurut JK, selain ekspor penggenjotan devisa juga penting akan tetapi juga harus dilakukan secara bersama. "Itu keduanya yang harus dijalankan. Silahkan ekspor sehingga devisanya masuk. Agar lebih disiplin perdagangan kita sehingga pajaknya lebih baik," ujar JK.

Selain itu, JK juga mengatakan perbaikan infrastruktur juga akan segera dilakukan seperti halnya untuk Jawa Barat. Itu dilakukan supaya mendorong pertumbuhan ekonomi tanah air.

"Banjir kita selesaikan 3 tahun. Kalau banjir Bandung berapa pabrik yang berapa emiten nganggur, industri akan lebih memiliki kepercayaan. Itu semua akan kita yakinkan pertumbuhan lebih baik," tutup dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cadangan devisa suatu negara diperoleh dari kegiatan perdagangan ekspor dan impor.

    cadangan devisa

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

Video Terkini