Sukses

Ini Harapan Nelayan Gunung Kidul pada Menteri Susi Pudjiastuti

Jika harga BBM Subsidi dipastikan naik, nelayan Gunung Kidul meminta kepada menteri KKP susi Pudjiastuti agar mereka diberikan subsidi.

Liputan6.com, Jakarta - Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menjadi tumpuan nelayan di daerah melalui kebijakannya. Terlebih adanya rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi pada awal November nanti.

Salah satu nelayan Pantai Baron Gunung Kidul, Yogyakarta, Andy meminta kepada Susi agar bisa mencegah kenaikan harga BBM Subsidi karena akan mempengaruhi pendapatan nelayan. Sementara, saat ini harga ikan tangkapan semakin tidak menentu dan bahkan sering anjlok.

Ia mencontohkan, saat nelayan Baron panen ikan teri namun justru harga ikan itu anjlok hingga level paling rendah. Ia meminta agar pemerintah perlu adanya standar harga saat nelayan panen ikan tertentu.

Andy meminta, jika permasalahan harga tersebut belum bisa diselesaikan oleh pemerintah, ia berharap agar BBM subsidi tidak dinaikkan terlebih dahulu. "Nelayan tambah maju dan kalo bisa BBM tidak dinaikan," ujar Andy kepada Liputan6.com Rabu (29/10/2014).

Andy menjelaskan, jika memang harga BBM subsidi tetap harus dinaikkan, nelayan berharap kepada Susi untuk memperhatikan nelayan. Salah satu caranya dengan memberi subsidi kepada nelayan atau memberikan bantuan peralatan bagi nelayan.

"Ya kalo naik khusus nelayan disubsidi. Kalo tidak disubsidi ya ada bantuan peralatan atau apa gitu," ujarnya.

Andy mengetahui kapasitas menteri Perikanan dan Kelautan dari media. Ia yakin dapat membawa aspirasi nelayan di daerah seperti dirinya karena Susi diketahui juga seorang pengusaha di bidang yang sama. "Saya tahu dia juga tahu tentang perikanan dan laut jadi dia paham kebutuhan kita," ujarnya. (Fathi mahmud/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.