Sukses

Studi Kelayakan Kereta Shinkansen Jakarta-Bandung Kelar Tahun Ini

Kemenhub memastikan proyek kereta super cepat Jakarta-Surabaya melintasi Bandung telah masuk dalam road map perkeretaapian jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah cukup serius dengan rencananya membangun megaproyek kereta super cepat Jakarta-Surabaya yang melintasi Bandung. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku telah memasukkan pembangunan kereta mirip shinkansen Jepang ini dalam rode map jangka panjang dunia perkeretaapian.

Melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kemenhub mengaku akan menggelar studi kelayakan (Feasibility Study/FS) untuk kereta super cepat rute Jakarta-Bandung.

"Untuk (FS) Jakarta-Bandung kita harapkan tahun ini selesai, kemudian Jakarta-Surabaya berikutnya," ungkap Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko, di kantornya, Senin (3/3/2014).

Dalam pengerjaan studi ini, pemerintah mengaku telah bekerjasama dengan mitranya dari Jepang yang nantinya akan membantu proses konstruksi.

Dari perhitungan sementara, proses pembangunan kereta super cepat ini bakal memakan waktu empat sampai lima tahun. Sementara kebutuhan dana mega proyek ini diperkirakan mencapai Rp 150 triliun.

"Tapi kalau tergantung juga dengan dolar AS dan sebagainya, itu perhitungan tiga-empat tahun yang lalu," tegasnya.

Kereta Shinkansen Indonesia ini direncanakan menempuh jarak terjauh sepanjang mencapai 750 kilometer hingga Surabaya. Waktu tempuh rute ini diperkirakan mencapai 2 jam. Sementara untuk jarak terpendek akan menempuh rute Jakarta-Bandung dengan waktu jalan hanya 37 menit. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini