Sukses

Rahasia Kesuksesan Pencak Silat di Asian Games 2018 Menurut Wewey Wita

Liputan6.com, Jakarta Setelah semua nomor dipertandingkan pada Rabu (29/8/2018), Indonesia pun dinobatkan sebagai juara umum Pencak Silat Asian Games 2018. Itu karena mereka sukses meraih 14 dari 16 medali emas yang tersedia.

Tak percuma Indonesia memasukkan Pencak Silat untuk jadi salah satu cabor di Asian Games 2018. Kesempatan yang terbuka itu mampu dimaksimalkan para pesilat Merah Putih untuk meraih medali emas sebanyak mungkin. 

Sejak Senin (27/8/2018) saja, sudah delapan medali emas yang diamankan para pesilat Indonesia di Padepokan Pencak Silat TMII. Tambahan enam emas didapat Indonesia sepanjang Rabu (29/8/2018) dari kelas seni dan tarung.

Enam medali emas Pencak Silat Asian Games 2018 terkini didapat dari Sugiono (seni tunggal putra), Ayu Sidan Wilantari/Ni Made Dwiyanti (seni ganda putri), seni beregu putri (Pramudita Yuristya, Lutfi Nurhasanah, dan Gina Tri Letari), Pipiet Kamila (tarung kelas D 60-65 kg putri), Hanifan Yudani Kusumah (tarung kelas C 55-60 kg putra), dan Wewey Wita (tarung kelas 50-55 kg putra).

"Mungkin kalau saya pribadi ada energi tambahan karena ini adalah negara kita. Rumah kita banyak sekali masyarakat yang mendoakan dan mendukung, serta bertepatan dengan Hari Kemerdekaan. Mungkin kami semua ingin memberikan yang terbaik. Jadi itu kunci kami bisa sukses," ujar Wewey.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

2 dari 3 halaman

Pencapaian Wewey

Untuk Wewey, ia dinobatkan sebagai peraih medali emas usai menang mutlak atas pesilat Vietnam, Tran Thi Them dengan skor 5-0. Bagi pesilat berusia 25 tahun itu, ini adalah peningkatan prestasinya setelah meraih emas SEA Games 2017.

"Alhamdulillah Wewey sangat bersykur dan terima kasih untuk seluruh masyarakat Indonesia karena mendoakan dan mendukung saya. Ini semua untuk Indonesia. Akhirnya di Asian Games bisa memberikan yang terbaik," jelas Wewey.

"Sebenarnya sudah yakin menang. Kalau dibilang soal strategi, kan lawan juga sudah tahu teknik saya. Terpenting percaya dengan teknik yang dimiliki dan kebetulan juga semua orang datang mendukung. Itu jadi kekuatan untuk saya," Wewey menambahkan.

3 dari 3 halaman

Daftar Peraih Emas Indonesia di Pencak Silat

Nomor Seni

Tunggal putra: Sugianto

Ganda putra: Yolla Primadona Jampil, Hendy

Beregu putra: Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani, Anggi Faisal Mubarok

Tunggal putri: Puspa Arumsari

Ganda putri: Ayu Sidan Wilantari, Ni Made Dwiyanti

Beregu putri: Pramudita Yuristya, Lutfi Nurhasanah, Gina Tri Lestari

Nomor tarung

Kelas B (50-55 kg) putra: Abdul Malik

Kelas C (55-60 kg) putra: Hanifan Yudani Kusumah

Kelas D (60-65 kg) putra: Iqbal Candra Pratama

Kelas E (65-70 kg) putra: Komang Harik Adi Putra

Kelas I (85-90 kg) putra: Aji Bangkit Pamungkas

Kelas B (50-55 kg) putri: Wewey Wita

Kelas C (55-60 kg) putri: Sarah Tria Monita

Kelas D (60-65 kg) putri: Pipiet Kamelia

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tokoh Ini Jadi Menteri Kabinet Jokowi - Ma'ruf Usai Berperan Sukseskan Asian Games 2018