Sukses

Obama Pastikan Hadiri APEC Bali, Kapan Tibanya?

Panitia APEC mengaku telah memperoleh konformasi kehadiran Barack Obama dan pihak Gedung Putih dan Kedubes AS.

Kepastian mengenai jadwal kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama yang masih simpang siur akhirnya terkuak. Wakil Ketua Panitia Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) Indonesia, Chairul Tanjung memastikan pesawat kepresidenan dari orang nomor satu AS tersebut akan mendarat di Bali pada pekan ini.

"Diperkirakan, beliau akan datang pada Senin (7/10/2013). Untuk kepastian siang hari secara detail, nanti akan kami sampaikan kembali," ungkap dia usai Press Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kamis (3/10/2013).

Kepastian kedatangan Obama ini meluncur dari pihak Gedung Putih melalui kedutaan besar AS di Indonesia maupun dinas rahasianya yang sudah berada di Bali.

"Sampai hari ini Obama masih konfirmasi untuk hadir pada dua event pertama KTT APEC Indonesia dan East Asia Summit di Brunei Darussalam. Tapi ada dua kunjungan kenegaraan yang dibatalkan," terang Chairul.

Dia mengatakan, Obama datang ke KTT APEC tidak dalam kapasitas sebagai kepala negara, tapi dalam kapasitas sebagai pemimpin ekonomi.

"Karena itu, bendera juga tidak boleh ada, itu kesepakatan dari dulu (APEC). Dan mereka akan membahas sesuai agenda menteri yang sudah disiapkan dalam Senior Officials Meeting (SOM)," pungkas Chairul.(Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini