10 Penemuan Hebat yang Mengubah Kehidupan Manusia, Roda hingga Internet

Hidup kita tidak akan sama tanpa penemuan ini

oleh Linda Sapira diperbarui 08 Apr 2023, 19:10 WIB
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML). Kredit: Gerd Altmann from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Manusia secara alami selalu ingin serba tahu dan kreatif, dua sifat ini telah membawa manusia untuk melakukan terobosan ilmiah dan teknologi. Sejak nenek moyang kita memukul batu ke tanah untuk membuat alat tajam pertama, dari hal itu manusia terus berinovasi untuk membuat kemajuan.

Dari penemuan roda hingga peluncuran untuk menjelajah mars, beberapa kemajuan penting ini sangat revolusioner. Sebagian besar penemuan perintisan ini adalah hasil karya beberapa pemikir inovatif yang membuat peningkatan bertahap selama bertahun-tahun.

Dalam artikel ini Liputan6.com akan membahas 10 penemuan paling berpengaruh di kehidupan manusia dan secara tak langsung telah mengubah dunia, dikutip dari livescience.com, Sabtu (8/4/2023).

1. Roda 

Sebelum penemuan roda pada 3500 SM, manusia sangat terbatas dalam pengangkutan barang yang banyak melalui darat dan jarak yang sangat jauh.

Penemuan roda bukanlah hal yang sulit bagi "penemu roda", tetapi yang mempersulitnya adalah ketika tiba saatnya untuk menghubungkan garis yang tidak bergerak ke silinder yang berputar, pada saat itu segalanya menjadi rumit, menurut David Anthony, seorang profesor antropologi di Hartwick College.

"Tembakan kecemerlangan adalah konsep roda dan gandar," kata Anthony sebelumnya kepada live science . "Tapi kemudian membuatnya juga sulit". Misalnya, lubang di tengah roda dan ujung poros harus hampir bulat sempurna dan halus, katanya. Ukuran poros juga merupakan faktor penting, seperti kekencangannya di dalam lubang (tidak terlalu kencang, tapi juga tidak terlalu longgar).

Kerja keras, dari penemuan ini sangat terbayarkan. Gerobak beroda memfasilitasi pertanian dan perdagangan dengan memungkinkan pengangkutan barang ke pasar dan dari pasar, serta meringankan beban orang yang bepergian jauh. Sekarang, roda sangat penting dan mempengaruhi cara hidup manusia, ditemukan dalam segala hal mulai dari jam, kendaraan, hingga turbin.

 

 

2 dari 4 halaman

2. Mesin Cetak

Ilustrasi operator mesin cetak (unsplash)

Jerman Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak antara tahun 1440 dan 1450. Kunci perkembangannya adalah cetakan tangan, teknik pencetakan baru yang memungkinkan untuk membuat cepat jenis logam bergerak dalam jumlah besar. 

Meskipun orang lain sebelum dia, termasuk penemu di China dan Korea, telah mengembangkan sejenis alat cetak yang dapat dipindahkan, terbuat dari logam. Gutenberg adalah orang pertama yang menciptakan proses mekanis yang mentransfer tinta (yang terbuat dari minyak biji rami dan jelaga) yang dapat dipindahkan ke kertas.

Dengan proses tipe bergerak ini, mesin cetak secara eksponensial meningkatkan kecepatan untuk pembuatan salinan buku. Selain itu juga bisa menyebarkan pengetahuan yang cepat dan luas untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Dalam bukunya "The Printing Revolution in Early Modern Europe" Cambridge University Press, 2012, mendiang sejarawan Elizabeth L. Eisenstein menulis, "bengkel percetakan akan ditemukan di setiap pusat kota penting pada tahun 1500". Diperkirakan hingga 20 juta jilid telah dicetak di Eropa Barat pada tahun 1500, meskipun Eisenstein memperkirakan jumlahnya sekitar delapan juta.

Percetakan ini juga mengizinkan akses yang lebih luas ke Alkitab, yang pada gilirannya menyebabkan interpretasi alternatif, termasuk dari Martin Luther, yang membuat buku 95 Theses, dicetak oleh ratusan ribu, dan hal ini memicu Reformasi Protestan.

3. Penisilin

Penemuan ini merupakan kisah paling terkenal dalam sejarah. Pada tahun 1928, ilmuwan Skotlandia Alexander Fleming memperhatikan cawan petri berisi bakteri di laboratoriumnya dengan tutupnya terbuka secara tidak sengaja. 

Sampel ini telah terkontaminasi jamur, dan di mana pun jamur itu berada, bakterinya akan mati. Jamur antibiotik itu ternyata adalah jamur penicillium, dan selama dua dekade berikutnya, ahli kimia memurnikannya dan mengembangkan obat penisilin, yang melawan sejumlah besar infeksi bakteri pada manusia tanpa membahayakan manusia itu sendiri.

Penisilin diproduksi secara massal dan diiklankan pada tahun 1944. Posternya dilampirkan pada kotak surat tepi jalan yang menyarankan prajurit Perang Dunia II untuk menggunakan obat tersebut agar bisa menghilangkan penyakit kelamin.

Sekitar 1 dari 10 orang memiliki reaksi alergi terhadap antibiotik, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 dalam jurnal Clinical Review in Allergy and Immunology. Meski begitu, sebagian besar dari orang-orang itu tetap dapat mentolerir obat tersebut, kata para peneliti.

 

3 dari 4 halaman

4. Kompas

Ilustrasi Kompas (Sumber: Unsplash)

Pelaut kuno menggunakan bintang untuk navigasi, tetapi metode ini tidak berfungsi pada siang hari atau malam hari, sehingga berbahaya untuk melakukan perjalanan jauh dari daratan. 

Kompas pertama ditemukan di China selama Dinasti Han antara abad ke 2 SM dan abad ke 1 Masehi. Kompas ini terbuat dari lodestone, bijih besi yang dimagnetisasi secara alami, properti menarik yang telah mereka pelajari selama berabad-abad. Namun, itu digunakan untuk navigasi pertama kali selama Dinasti Song, antara abad ke 11 dan ke 12.

Segera setelah itu, teknologi tersebut dikenal di Barat melalui kontak bahari.

Kompas memungkinkan para pelaut untuk bernavigasi dengan aman saat jauh dari daratan, dan mereka mampu membuka dunia untuk eksplorasi dan pengembangan perdagangan global selanjutnya. Instrumen yang masih banyak digunakan hingga saat ini, kompas telah mengubah pengetahuan dan pemahaman kita tentang Bumi selamanya.

5. Bola Lampu

Penemuan bola lampu mengubah dunia kita dengan menghilangkan ketergantungan kita pada cahaya alami, dan memungkinkan kita menjadi produktif kapan saja, pada siang atau malam hari. Beberapa penemu berperan penting dalam mengembangkan teknologi revolusioner ini sepanjang tahun 1800-an.

Thomas Edison dikreditkan sebagai penemu utama karena ia menciptakan sistem pencahayaan yang berfungsi penuh, termasuk generator dan kabel serta bola lampu filamen karbon pada tahun 1879.

Selain memprakarsai pengenalan listrik di rumah-rumah di seluruh dunia barat, penemuan ini juga memiliki konsekuensi yang agak tidak terduga dalam mengubah pola tidur orang. Sekarang ini manusia umumnya mempunyai jam tidur selama 7 sampai 8 jam yang dialokasikan untuk tidur, dan idealnya, pada saat itu kita tidur dengan nyenyak.

6. Telepon

Beberapa penemu telah melakukan pekerjaan perintis pada transmisi suara elektronik. Banyak dari mereka kemudian mengajukan tuntutan hukum kekayaan intelektual ketika penggunaan telepon meledak. Tetapi penemu asal Skotlandia Alexander Graham Bell yang pertama kali diberikan hak paten untuk telepon listrik pada tanggal 7 Maret 1876 (miliknya).

Tiga hari kemudian, Bell melakukan panggilan telepon pertama ke asistennya, Thomas Watson, mengatakan "Tuan Watson, kemarilah saya ingin melihat Anda," menurut penulis A. Edward Evenson dalam bukunya, "The Telephone Patent Conspiracy of 1876: The Elisha Gray-Alexander Bell Controversy and Its Many Players” (McFarland, 2015).

Inspirasi Bell untuk membuat telepon dipengaruhi oleh keluarganya. Sang ayah mengajar pidato deklamasi dan berspesialisasi dalam mengajar orang tuli berbicara. Sedangkan ibunya seorang musisi ulung, yang kehilangan pendengarannya di kemudian hari dan istrinya Mabel, yang dinikahinya pada tahun 1877, telah tuli sejak usia lima tahun, menurut Evenson. 

Penemuan ini dengan cepat lepas landas dan merevolusi bisnis dan komunikasi global. Ketika Bell meninggal pada 2 Agustus 1922, semua layanan telepon di Amerika Serikat dan Kanada dihentikan selama satu menit untuk menghormatinya.

4 dari 4 halaman

7. Mesin Pembakaran Dalam

Ilustrasi Mesin Mobil Credit: Freepik.com

Di mesin ini, pembakaran bahan bakar melepaskan gas bersuhu tinggi, yang saat mengembang memberikan gaya pada alat yang menggerakkannya. Dengan demikian, mesin pembakaran mengubah energi kimia menjadi kerja mekanis. 

Rekayasa puluhan tahun oleh banyak ilmuwan dilakukan untuk merancang mesin pembakaran internal, yang mengambil bentuk modernnya pada paruh kedua abad ke 19. Mesin ini mengantarkan era industri, serta memungkinkan penemuan berbagai macam mesin, termasuk mobil dan pesawat modern.

8. Kontrasepsi

Tidak hanya pil KB, kondom, dan bentuk kontrasepsi lainnya yang memicu revolusi seksual di negara maju dengan memungkinkan pria dan wanita berhubungan seks untuk bersenang-senang daripada memiliki anak, mereka juga secara drastis mengurangi jumlah rata-rata keturunan per wanita di negara-negara di mana mereka digunakan.

Keluarga modern telah mencapai standar hidup yang lebih tinggi dan dapat memberikan yang lebih baik untuk setiap anak. Sementara itu, dalam skala global, alat kontrasepsi membantu penurunan populasi manusia secara bertahap, dan diperkirakan jumlah manusia akan stabil pada akhir abad ini. Kontrasepsi tertentu, seperti kondom, juga mengekang penyebaran penyakit menular seksual.

Kontrasepsi alami dan herbal telah digunakan selama ribuan tahun. Kondom telah ada dalam bentuk lain sejak zaman kuno, menurut sarjana Jessica Borge dalam bukunya "protective Practices: A History of the London Rubber Company and the Condom Business" (Mc Gill-Queen's University Press, 2020), dengan kondom karet yang dikembangkan pada abad ke-19. 

Sementara itu, Food and Drug Administration (FDA) menyetujui pil kontrasepsi pertama di Amerika Serikat pada tahun 1960 dan pada tahun 1965, lebih dari 6,5 juta wanita Amerika menggunakan pil tersebut, menurut penulis Jonathan Eig dalam bukunya, “The Birth of the Pill: How Four Pioneers Reinvented Sex and Launched a Revolution” (W. W. Norton & Company, 2015). 

9. Internet

Internet adalah sistem global jaringan komputer yang saling terhubung yang digunakan oleh miliaran orang di seluruh dunia. Pada 1960 an, tim ilmuwan komputer yang bekerja untuk ARPA (Advanced Research Projects Agency) Departemen Pertahanan AS membangun jaringan komunikasi untuk menghubungkan komputer di agensi tersebut, yang disebut ARPANET, atau pendahulu internet.

Hal itu menggunakan metode transmisi data yang disebut "packet switching", yang dikembangkan oleh ilmuwan komputer dan anggota tim Lawrence Roberts, berdasarkan karya sebelumnya dari ilmuwan komputer lainnya. 

Teknologi ini berkembang pada tahun 1970-an oleh ilmuwan Robert Kahn dan Vinton Cerf, yang mengembangkan protokol komunikasi penting untuk internet, Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP), menurut ilmuwan komputer Harry R. Lewis dalam bukunya “Ideas That Created the Future: Classic Papers of Computer Science” (MIT Press, 2021). Untuk ini, Kahn dan Cerf sering dikreditkan sebagai penemu internet”.

Pada tahun 1989, internet berkembang lebih lanjut berkat penemuan World Wide Web oleh ilmuwan komputer Tim Berners-Lee saat bekerja di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir). Menurut CERN, "ide dasar dari WWW adalah menggabungkan teknologi komputer, jaringan data, dan hypertext yang berkembang menjadi sistem informasi global yang kuat dan mudah digunakan." Perkembangan WWW membuka dunia internet untuk semua orang dan menghubungkan dunia dengan cara yang belum pernah ada sebelumnya.

10. Paku

Penemuan kunci ini terjadi lebih dari 2.000 tahun yang lalu pada periode Romawi Kuno dan menjadi mungkin hanya setelah manusia mengembangkan kemampuan untuk menuang dan membentuk logam. Sebelumnya, struktur kayu harus dibangun dengan saling mengunci papan yang berdekatan secara geometris, proses konstruksi yang jauh lebih sulit.

Sampai tahun 1790-an dan awal 1800-an, pandai besi memanaskan batang besi persegi dan kemudian memalunya di empat sisi untuk membuat titik, menurut University of Vermont. Mesin pembuat paku online antara tahun 1790 an dan awal 1800 an. Teknologi untuk membuat paku terus berkembang.

Setelah Henry Bessemer mengembangkan proses untuk memproduksi baja secara massal dari besi, paku besi di masa lalu perlahan berkurang dan pada tahun 1886, 10% paku AS dibuat dari kawat baja lunak, menurut University of Vermont. Pada tahun 1913, 90% paku yang diproduksi di AS adalah kawat baja. 

Sementara itu, penemuan sekrup untuk pengikat yang lebih kuat tetapi lebih sulit dimasukkan - biasanya dianggap berasal dari sarjana Yunani Archimedes pada abad ketiga SM, tetapi mungkin ditemukan oleh filsuf Pythagoras Archytas dari Tarentum, menurut David Blockley dalam bukunya "Engineering: A Very Short Introduction" (Oxford University Press, 2012).

Infografis Kisah Bersejarah Olimpiade (Liputan6.com/Deisy Rika)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya