Dari JIS, Anies Minta Jemaah Haji Doakan Indonesia Diberikan Kesejahteraan dan Keadilan

Anies Baswedan juga mengajak semua jemaah sholat Idul Adha yang hadir di JIS mendoakan masyarakat yang tengah beribadah di tanah suci.

oleh Winda Nelfira diperbarui 10 Jul 2022, 08:26 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan shalat Idil Adha di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (10/7/2022). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini menjalankan salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS), Minggu (10/7/2022).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Anies tiba bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersama pejabat Pemprov DKI Jakarta lainnya pada pukul 6.11 WIB.

Anies nampak langsung menuju area Ramp Barat JIS, Tanjung Priok, Jakarta Utara dan menempati jajaran shaf paling depan di dekat khatib dan imam.

Adapun yang bertindak sebagai Imam dalam shalat Idul Adha ini ialah Ketua LPTQ DKI Jakarta KH Muhammad Ali. Sementara khotib salat Idul Adha ialah Pimpinan Pondok Pesantren Darul Rahman KH Syukran Ma'mun.

Sebelum salat dimulai, Anies memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya Anies mengapresiasi masyarakat yang sudah hadir melaksanakan salat Idul Adha di JIS.

Dia juga mengajak semua yang hadir mendoakan masyarakat yang tengah beribadah di tanah suci. Sebaliknya, Anies juga meminta didoakan oleh masyarakat yang sedang menjalankan ibadah haji di tanah suci.

"Kami ajak seluruh masyarakat Idul Adha di JIS untuk mendoakan sadara kita yang saat ini mengikuti menunaikan menuntaskan ibadah haji di tanah suci. Dari Tanah Air kita doakan mereka diberikan kesehatan kemudahan menjalankan rangkaian ibadah haji dan kembali sebagai haji yang mabrur," kata Anies di Ramp Barat JIS, Jakarta Utara.

"Yang di tanah suci doakan kami yang di Tanah Air Insya Allah kita di Tanah Air selalu dilindungi dan dijauhi dari marabahaya dan diberikan kemudahan dalam meraih rasa keadilan dan kesejahteraan," lanjut dia.

Tema khutbah hari ini adalah 'Kurban, Cinta Allah Cinta Sesama'. Anies disebut juga akan menyerahkan hewan kurban berupa sapi seberat 1,2 ton kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merekayasa arus lalu lintas serta menyiapkan transportasi publik dari dan menuju Jakarta International Stadium (JIS) saat pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah, Minggu (10/7).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya menerapkan pembatasan arus lalu lintas umum menuju JIS mulai pukul 04.30-10.00 WIB.

"Kendaraan yang boleh melintas adalah angkutan umum, jamaah Shalat Id dan warga yang tinggal di sekitar JIS," kata Syafrin seperti dilansir Antara.

Penutupan itu akan dilakukan di tiga lokasi, yaitu:

a. Simpang perlintasan bidang kereta api (KA) di Jl Sunter Permai Raya-Jl RE Martadinata

b. Simpang Jl Sunter Permai Raya-Jl Bisma Raya

c. Simpang Jl Danau Sunter Barat-Jl Danau Sunter Utara.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah menyiapkan rute kedatangan/kepulangan di JIS serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk/keluar dan "drop off" transportasi publik demi kemudahan serta kenyamanan mobilitas masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dan bingung, kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik di dalam stadion ataupun di luar stadion," katanya.

Jika parkir di lokasi penuh, maka warga diimbau mengikuti petunjuk petugas di lapangan demi kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan bersama. 

"Dimohon juga untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama," kata Syafrin.

 

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Sholat di Istiqlal

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melaksanakan salat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Istiqlal Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Dia tak sendiri, turut hadir Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang berada di sebelah kanannya.

Tampak Jokowi mengenakan setelan jas berpeci hitam dengan mengenakan sarung. Sedangkan Prabowo, tampak dengan setelan monochrome hitam dan putih.

Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal sendiri dipimpin oleh Salim Ghazali. Adapun khotbah akan disampaikan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, K.H. Mohammad Nuh, yang akan mengangkat tema "Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebinekaan".

Pada Idul Adha tahun ini, Jokowi juga menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal berupa seekor sapi berjenis Simental dengan bobot 1 ton.

Tidak hanya di Masjid Istiqlal, Jokowi juga menyerahkan bantuan kemasyarakatan berupa hewan kurban di 34 provinsi di Indonesia.

Sebagai informasi, Masjid Istiqlal menyelenggarakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah tingkat kenegaraan pada 10 Dzulhijjah 1443 H atau yang bertepatan pada Ahad, 10 Juli 2022. Adapun shalat Idul Adha dimulai pada pukul 07.00 WIB.

 

Infografis Waspada Titik Lengah Saat Idul Adha (Liputan6.com/Niman)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya