XL Axiata Pastikan Siap Dukung Aktivitas Work from Bali

XL Axiata memastikan jaringan layanan di Bali dalam kondisi prima dan siap mendukung pelanggan yang menjalankan Work from Bali.

oleh Agustinus Mario Damar diperbarui 07 Jun 2021, 12:45 WIB
Dok: XL Axiata

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata memastikan jaringan layanannya di Bali dalam kondisi prima dan siap mendukung pelanggan yang hendak menjalankan aktivitas Work from Bali.

Terlebih selama pandemi ini, XL Axiata memang terus menjaga kualitas jaringannya di seluruh Bali. Untuk saat ini, jaringan XL Axiata di Bali telah menjangkau seluruh kabupaten maupun kota.

Di Pulau Dewata tersebut, layanan XL Axiata ditopang lebih dari 6.500 BTS, dengan 2.500 di antaranya merupakan BTS 4G.

Menurut Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, Bali yang dikenal sebagai destinasi wisata global memang sangat terdampak pandemi Covid-19 dalam setahun terakhir. Karenanya, XL Axiata menyambut baik jika ada pihak yang tergerak melakukan Work from Bali.

"Kami tetap menjaga layanan karena selain wisatawan, pelanggan dari kalangan masyarakat setempat juga cukup besar, yaitu lebih dari 1,9 juta. Kami menyambut baik jika memang banyak pihak tergerak melakukan work from Bali sehingga bisa ikut membangkitkan kondisi wisata di sini," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (7/6/2021).

Dodik melanjutkan, XL Axiata selama ini terus melakukan penambahan kapasitas jaringan dengan melakukan upgrade kapasitas BTS maupun transmisi, termasuk melakukan fiberisasi di seluruh area Pulau Bali. Karenanya sejak setahun terakhir, utilisasi jaringan data di Bali sekitar 69 persen.

"Jadi masih cukup untuk menampung kenaikan trafik hingga sekitar 30 persen saat wisatawan mulai datang lagi. Di seluruh Bali, sekitar 42 persen BTS XL Axiata telah terfiberisasi sehingga kualitas jaringan data saat ini sangat mendukung kebutuhan akses oleh masyarakat, termasuk akses ke layanan data berkapasitas besar," ujar Dodik menjelaskan.

XL Axiata juga memastikan jaringan berkualitas di sejumlah kawasan wisata paling populer di Bali. Mulai dari Nusa Dua yang ditopang 48 BTS 4G dan 48 BTS 3G, Sanur sekitar 30 BTS, Kuta sekitar 66 BTS, Gianyar ditopang 74 BTS, Ubud sekitar 18 BTS, Tanah Lot sekitar 6 BTS, dan Denpasar lebih dari 345 BTS.

2 dari 3 halaman

Kesiapan XL Axiata

Seorang petugas di menara BTS berupaya memperkuat jaringan XL di sepanjang tol baru untuk keperluan mudik 2017 (Sumber: XL Axiata)

Lebih lanjut Dodik juga mengatakan XL akan menyiapkan Mobile BTS sebagai cadangan untuk menguatkan jaringan jika memang diperlukan. Dengan kapasitas dan infrastruktur yang tersedia, Dodik memastikan pihaknya bisa memberikan layanan telekomunikasi dan data secara maksimal.

"Karena itu, di mana pun wisatawan juga ingin melakukan Work from Bali, jaringan kami siap melayani mereka. Selain itu, kami juga memiliki sejumlah pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk bekerja dari jarak jauh. Begitu juga dengan pusat layanan pelanggan, di Bali kami ada XL Center yang siap melayani apa pun kebutuhan pelanggan,” lanjut Dodik.

Tidak hanya itu, XL Axiata juga menawarkan sejumlah produk yang dapat mendukung para pelanggan melakukan Work from Bali. Ada paket Hotrod Special dengan kuota mulai dari 3GB untuk pelanggan XL Prabayar, sedangkan untuk Prioritas ada beberapa produk unggulan dengan kuota besar.

Pelanggan Axis juga bisa menikmati beragam layanan yang ditawarkan, seperti Axis Boy yang terkenal di kalangan pelajar. Seluruh paket ini dapat diperoleh di lebih dari 4.400 toko pulsa yang tersebar di Bali.

3 dari 3 halaman

XL Axiata Rilis Layanan Konvergensi Pertama di Indonesia Bernama XL Satu Fiber

Di sisi lain, XL Axiata baru saja memperkenalkan produk inovatif dari XL Home dan XL Prabayar, yaitu XL Satu Fiber. Produk ini merupakan layanan konvergensi pertama yang memungkinkan layanan berbasis fiber optic dan sekaligus layanan seluler dalam satu produk.

Produk ini juga menawarkan layanan berbagi kuota prabayar yang bisa digunakan seluruh anggota keluarga saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Menurut Direktur & Chief Commercial Officer, Home and Enterprise XL Axiata, Abhijit Navalekar, kondisi pandemi Covid-19 saat ini membuat masyarakat lebih banyak di rumah yang membutuhkan layanan telekomunikasi dan data berkualitas tinggi.

"Melihat kebutuhan tersebut, layanan konvergensi merupakan satu jawaban yang tepat, yang menawarkan kemudahan bagi pelanggan bersama keluarganya mendapatkan berbagai layanan telekomunikasi dan data berkualitas tinggi untuk mendukung aktivitas keseharian selama di rumah maupun di luar," tuturnya dalam keterangan resmi, Kamis (2/6/2021).

Lebih lanjut Abhijit menuturkan, dengan satu produk XL Satu Fiber ini pelanggan akan bisa memanfaatkan berbagai layanan XL Axiata. Mulai dari layanan telepon, video, TV maupun data, baik layanan berbasis fiber optic dan seluler.

Menurutnya, layanan konvergensi ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pasar, seiring dengan tersedianya teknologi pendukung. Layanan ini juga memungkinkan XL Axiata mengadopsi model bisnis baru, menawarkan layanan inovatif, dan memasuki pasar baru.

XL Axiata berharap XL Satu Fiber ini akan bisa ikut mendorong pertumbuhan pelanggan XL Home berbasis fiber optic. Sebab, layanan internet tersebut merupakan salah satu penopang keberadaan XL Satu Fiber.

Oleh sebab itu, produk XL Satu Fiber ini tersedia di kota-kota yang sudah terjangkau layanan XL Home, seperti Jabodetabek, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Banjarbaru, Medan, Palembang, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo.

(Dam/Ysl)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya