Pikirkan Masak-masak Sebelum Membeli Mobil Bekas

Memenuhi kebutuhan akan mobil yang berkualitas yang sesuai anggaran bisa didapat dengan beberapa cara

oleh Reza pada 10 Sep 2018, 18:04 WIB
Dealer Suzuki kini menawarkan mobil bekas. (Arief/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Memenuhi kebutuhan akan mobil yang berkualitas yang sesuai anggaran bisa didapat dengan beberapa cara. Pasar mobil bekas sudah lama menjadi alternatif bagi konsumen yang cerdas.

Dengan budget yang sama, kita bisa dapat spesifikasi mobil yang lebih tinggi dan bahkan sudah dilengkapi aksesori standar secara Cuma-cuma, seperti kaca film, talang air, karpet kendaraan dan lain-lain.

Namun demikian, banyak sekali yang ragu untuk beli mobil bekas, mungkin kamu jugaa. Berikut adalah tiga alasan utama orang enggan membeli mobil bekas:

Kondisi kendaraan

Mobil bekas tentu kondisinya beda dengan mobil baru pasti, ada saja komponen mobil yang perlu diperbaiki. Namanya juga mobil bekas. Kita tidak tahu kondisi mobil saat dipakai dengan orang lain kan?

Untuk itu, Cermat memilih mobil bekas yang kondisinya benar-benar baik, sebaik tampilan display-nya. Mulai dari originalitas kilometer/odometer kendaraan yang kadang sukar sekali dibuktikan. Jika tidak jeli, kita bisa terjebak membayar lebih tinggi dari seharusnya.

Air radiator yang berkurang harus diisi kembali saat mesin sudah dingin.

1. Masih atas nama orang lain

Secara umum, pembeli mobil bekas akan menerima kendaraan dengan nama pemilik sebelumnya. Hal ini membawa 2 potensi kesulitan yaitu harus meminjam KTP pemilik sebelumnya untuk membayar pajak tahunan dan kemungkinan membayar pajak progresif karena terdaftar atas nama pemilik sebelumnya. Lantas, bagaimana jika pemilik sebelumnya tidak bersedia meminjamkan KTP atau tidak bisa dihubungi lagi, tambah masalah kan?

Kenaikan Tarif STNK (Liputan6.com/Abdillah)

2. Tidak ada garansi

Saat membeli mobil bekas, eksterior dan Interior kendaraan Anda bisa periksa dengan teliti. Namun, kondisi mesin dan transmisi lebih sulit untuk dibuktikan.

Ingat, tidak ada garansi yang jelas mengenai hal ini seringkali membuat calon pembeli berpikir ulang karena risiko yang ditanggung tidak murah loh. Apalagi jika mobil akan digunakan sering ke luar kota, siapa yang akan bantu kalau terjadi apa-apa dengan mesin atau transmisi-nya?

Dari sekian banyak perawatan mobil, beberapa di antaranya terbilang mahal (Foto: http://wallstcheatsheet.com/)

Suara pelanggan seperti di atas sangat dipahami oleh Suzuki dan menjadi alasan kelahiran layanan Auto Value. Di Auto Value semua mobilnya dijamin:

Bukan bekas banjir dan bekas tabrakanKilometer/Odometer tidak diputarDokumen otentikBahkan untuk mobil-mobil Suzuki dengan kualifikasi tertinggi akan mendapatkan perlindungan tambahan garansi mesin dan transmisi selama 1 tahun dalam program “Certified Used Car”. Tambahan garansi ini berlaku di bengkel resmi Suzuki di seluruh Indonesia. Artinya, kamu bisa dengan nyaman berkendara ke manapun dengan mobil impianmu.

Khusus untuk kendaraan MPV, seperti Ertiga dan APV, dapatkan gratis biaya jasa balik nama yang berlaku s.d. 17 September 2018. Kualitasnya jelas dan langsung terima atas nama kamu sendiri lho. Ayo, pembeli cerdas, cari mobil impian kamu di www.autovalue.co.id.

 

(Adv)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya