Warga dan TNI Perbaiki Tanggul Kali Kutho

Musim hujan yang mulai tinggi intensitasnya diantisipasi warga Desa Pedukuhan Kulon Kali, Kendal mengadakan kerja bhakti memperbaiki tanggul Kali Kutho.

oleh Liputan6 diperbarui 21 Nov 2011, 16:30 WIB
Citizen6, Kendal: Musim hujan yang mulai tinggi intensitasnya diantisipasi oleh warga Desa Pedukuhan Kulon Kali, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal
dengan kerja bhakti memperbaiki tanggul Kali Kutho, Sabtu (19/11). 

Warga yang berasal daro Desa Bulusan, Rejosari, Randusari dan Saribaru, Kecamatan Rowosari yang tergabung dalam Forum RT/RW Kulon Kali (FR2K2) bekerjasama dengan Kodim 0715/Kendal.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Tyas Koesharyadi, Muspika Rowosari , Anggota dewan dari Komisi X DPR RI dari Fraksi Demokrat H. Ibrahim, dan tokoh masyarakat setempat.

Ahmad Yusuf, koordinator acara tersebut mengatakan bahwa tujuan dari acara "Dandan Kali" itu adalah untuk memperbaiki dan merawat sungai serta tanggul Kali Kutho yang selama ini merupakan urat nadi kehidupan ekonomi warga.

"Sungai ini berpotensi banjir yang menjadi ancaman bagi penduduk sekitar, untuk itulah kami menggandeng TNI dan segenap elemen lain untuk bersama merawat sungai tersebut," paparnya.

Kodim 0715/Kendal dalam kegiatan tersebut menurunkan sekitar 30 personel ditambah sejumlah personel Polsek Rowosari, perangkat Desa Gempolsewu, takmir Masjid Baitul Mutaqien, dan warga FR2K2 berjumlah sekitar ratusan orang. Mereka aktif mengangkut pasir dalam karung dan truk bambu yang digunakan sebagai penahan air agar tak meluap kepemukiman warga.

Dandim Letkol Inf Tyas Koesharyadi mengatakan sangat mengapresiasi kreativitas Komunitas FR2K2 dalam memprakarsai perawatan tanggul Sungai Kutho. "Jika diperlukan TNI siap menurunkan personil lebih banyak lagi jika warga membutuhkan bantuan," tegas Dandim didampingi Danramil Rowosari Kapten Jatmiko. (Pengirim: Aryo Widiyanto)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya