Usai Salat Idul Fitri, Sampah Koran dan Plastik Berserakan di Masjid Istiqlal

Halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat kotor usai pelaksanaan Salat Idul Fitri 1439 Hijriah.

oleh Ika Defianti diperbarui 15 Jun 2018, 08:23 WIB
Sampah berserakan di Masjid Istiqlal usai salat Idul Fitri. (Liputan6.com/Ika Defianti)

Liputan6.com, Jakarta - Halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat kotor usai pelaksanaan Salat Idul Fitri 1439 Hijriah. Sampah berserakan karena terdorong oleh langkah kaki jemaah yang akan meninggalkan masjid tersebut.

Pantauan Liputan6.com, sampah-sampah tersebut didominasi koran-koran bekas yang digunakan jamaah untuk salat Idul Fitri dan kantong plastik bekas tempat sandal serta sepatu.

Penggunaan koran dan kantong plastik tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk membuang ke tempat sampah. Padahal di beberapa titik, tempat sampah telah disediakan oleh pihak pengelola masjid.

Tak hanya koran dan kantong plastik, botol bekas minuman juga berserakan di depan halaman masjid usai salat Idul Fitri. Apalagi pedagang juga ada di sekitar lokasi.

 

Sampah berserakan di Masjid Istiqlal usai salat Idul Fitri. (Liputan6.com/Ika Defianti)

Beberapa jemaah juga tidak sungkan membuang sampah sembarangan kala menuju tempat parkir ataupun menunggu sanak keluarganya di halaman masjid.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Salat Id di Istiqlal

Sebelumnya, ribuan umat Islam telah memadati kawasan di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat guna menjalankan ibadah salat Idul Fitri 1439 Hijriah. Akibatnya kemacetan tampak terlihat di sekitarnya.

 

Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym menjadi pengisi khotbah di Masjid Istiqlal hari ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya