Jelang Idul Adha, Tol Jakarta-Cikampek Mulai Padat

Untuk mengantisipasi kepadatan Idul Adha, Kemenhub membatasi operasional angkutan barang dengan sumbu tiga atau lebih.

oleh Ika Defianti diperbarui 31 Agu 2017, 22:06 WIB
Suasana arus lalu lintas yang terlihat padat di dua arah Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Sabtu (25/3). Kemacetan arah tol Cikampek- Jakarta disebabkan imbas penyempitan jalan lantaran adanya proyek pembangunan LRT. (Liputan6.com/Gempur M. Surya)

Liputan6.com, Jakarta - Jelang libur panjang Idul Adha 1438 Hijriah, kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek sudah mulai terlihat. Pengendara mobil sudah mulai melambatkan kecepatannya.

"Terlihat kepadatan dari Cawang hingga Halim," ucap petugas Jasa Marga, Nugroho saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (31/8/2017) malam.

Dia menjelaskan, kepadatan juga terlihat di beberapa titik di Tol Cikampek yaitu Jatiwaringin arah Tambun. Tetapi setelah itu lancar hingga Cikarang.

"Terlihat juga ramai lancar dari Cikarang hingga Karawang Barat. Lebih dari itu sudah lancar," jelas Nugroho.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya memprediksi kepadatan arus lalu lintas pada libur Idul Adha akan meningkat sekitar 30-40 persen.

Untuk mengantisipasi kepadatan itu, Kemenhub akan melakukan pembatasan operasional angkutan barang dengan sumbu tiga atau lebih.

"Kita perkirakan akan ada peningkatan volume 30-40 persen. Oleh karenanya kita berlajukan pembatasan truk 3 sumbu, itu berlaku mulai dari siang H-1 tengah hari sampai Shalat Jumat jadi 1 hari, jadi ada jeda waktu orang (angkutan barang) jalan dari jam 12 Jumat sampai Minggu pagi, baru Minggu pagi kita tutup satu hari," jelasnya, Kamis (31/8/2017).

Menhub Budi memprediksi kepadatan kendaraan pada Idul Adha akan terjadi pada Kamis 31 Agustus siang atau pada Jumat 1 September setelah salat Idul Adha atau setelah salat Jumat.

Tidak hanya di jalan raya, Budi juga memprediksi kepadatan bakal terjadi di Bandara Soekarno-Hatta. Meskipun tidak ada penambahan flight namun occupancy atau tingkat keterisian pesawat akan meningkat 30 persen.

Saksikan video di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Pelabuhan Merak

Polisi memperkirakan lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak jelang Idul Adha terjadi Kamis (31/8/2017) malam.

Asisten Operasional (Asops) Mabes Polri, Irjen M Iriawan, mengatakan personelnya siap untuk menghadapi lonjakan tersebut.

"Semua pemangku yang ada di sini siap mengamankan jalannya liburan Idul Adha. Ada kenaikan mungkin 5 persen, semua sudah siap," kata Irjen M Iriawan, usai memantau persiapan libur panjang Idul Adha di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Kamis.

Menurut dia, polisi ditugaskan untuk fokus mengamankan Pelabuhan Merak dan jalur wisata menuju Anyer, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak. Termasuk mengantisipasi terjadinya aksi terorisme.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya