Libatkan Anak Bila Orangtua Ingin Rayakan Ulang Tahunnya

Merayakan hari ulang tahun tentu menjadi hal yang diharapkan setiap anak dan dengan pesta ulang tahun anak belajar tiga hal ini.

oleh Bella Jufita Putri diperbarui 03 Apr 2017, 13:30 WIB
Kenali siklus zodiak berdasarkan ulang tahun Anda

Liputan6.com, Jakarta Kado, balon, kue ulang tahun yang dihiasi lilin warna-warni adalah harapan setiap anak di hari ulang tahunnya. Namun, sebuah studi menemukan, perayaan hari ulang tahun tidak selalu indah karena pada masanya nanti seorang anak merasa semakin tua, sehingga malu untuk merayakannya.

Studi yang dilakukan University of Texas mengikuti perayaan ulang tahun dan perkembangan anak setiap tahun. Peneliti menemukan perubahan sikap anak saat anak menginjak usia tujuh mereka cenderung enggan merayakan pesta ulang tahun di sekolah.

Hal tersebut terjadi karena saat memasuki usia tersebut anak merasa malu dengan bertambahnya usia mereka. Anak juga tidak nyaman dengan kejutan yang disiapkan oleh orangtua mereka. Dalam penelitian tersebut si anak juga memiliki keinginan untuk mempersiapkan pesta ulang tahunnya sendiri.

Keterlibatan anak dalam merencanakan pesta ulang tahun rupanya sering kali diabaikan oleh orang tua. Untuk mencegah kekecewaan anak seperti dikutip laman Psychology Today, Senin (3/4/2017) berikut hal yang harus diperhatikan orangtua saat merencanakan pesta ulang tahun.

1. Libatkan anak

Tanya kepada si kecil dimana dan kegiatan seperti apa yang mereka inginkan untuk merayakan hari ulang tahun mereka. Orangtua juga harus memberikan batasan dalam anggaran pesta ulang tahun. Ini bisa menjadi salah satu cara mengajarkan anak melakukan segala suatu hal sesuai dengan kemampuan mereka.

2. Ajak si kecil menata ruangan pesta

Anda harus memberikan tugas tertentu kepada si kecil saat hari ulang tahunnya, misal menata ruangan pesta. Dengan ini anak bisa bereksplorasi diri dan mengasah kreativitasnya.

3. Memberikan sambutan

Di hari ulang tahunnya biarkan anak bicara memberikan sambutan atau ucapan terima kasih di depan teman-teman dan sanak keluarga yang menghadiri pesta ulang tahunnya. Hal ini mengajarkan anak untuk berkomunikasi baik di depan umum dan belajar untuk tidak menjadi sosok pemalu.

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya