5 Fakta Bisnis Unik Tentang Facebook

Pada 2005 lalu, Chris Putnam berhasil membajak situs Facebook sehingga membuatnya seolah-olah menjadi seperti situs MySpace.

oleh Liputan6 diperbarui 05 Jul 2015, 05:03 WIB
ubergizmo.com

Liputan6.com, New York - Sejak berdiri di 2004, Facebook telah berkembang menjadi sebuah perusahaan besar dengan skala global. Facebook menjadi salah satu media sosial terbesar yang mampu menghubungkan jutaan penggunanya.

Dalam sehari ada sekitar 936 juta pengguna sosial media itu yang aktif. Pendirinya, Marck Zuckerberg tak lama lagi bakal masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia.

Anda yang mungkin juga akrab dengan media sosial ini ingin mengetahui beberapa hal unik yang mungkin Anda belum tahu soal pengembangan bisnis Facebook. Mengutip dari Yahoo!Finance, Minggu (5/7/2015), berikut lima hal unik tentang pengembangan bisnis Facebook:

1. Kapitalisasi pasar
Facebook memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 249 miliar. Angka ini lebih tinggi dari supermarket terbesar di Amerika Serikat, Walmart yang tercatat ada di angka US$ 233 miliar. Media sosial ini juga telah menggantikan perusahaan-perusahaan peretail lainnya dan masuk dalam 10 perusahaan top di S&P 500.

2. Facebook punya metode perekrutan karyawan yang unik
Pada 2005 lalu, Chris Putnam berhasil membajak situs Facebook sehingga membuatnya seolah-olah menjadi seperti situs MySpace. Bukannya melakukan upaya hukum terhadap Putnam, salah satu pendiri Facebook, Dustin Moskovitz, justru mengontaknya. Moskovitz membujuk Putnam agar keluar dari kuliah dan menjadi insinyur di Facebook.

3. Facebook memperlakukan hackers dan programmers dengan sangat baik
Perusahaan memberikan uang setidaknya US$ 500 kepada mereka yang berhasil menemukan bugs di situsnya. Di 2014, Facebook menggelontorkan uang US$ 13 juta untuk 321 penangkap bugs.

4. Facebook menjaga merek dagangnya dengan sangat protektif
Perusahaan memiliki 1.900 domain names, termasuk IHateTheFacebookLikeButton.com, LikeButtonSucks.com, LikeSucks.com, FacebookCreditsSucks.org, dan lainnya.

5. Anjing milik Zuckerberg punya 2,1 juta pengikut di Facebook
Anjing bernama Beast ini berjenis hungarian sheepdog. Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, mengelola akun Facebook Beast dan rutin memposting foto-foto si anjing putih.

Reporter: Elsa Analet

(Elsa/Gdn)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya