Sukses

May Day 2024, 2.500 Buruh Tangerang Bakal Demo ke Jakarta

Buruh dari wilayah Tangerang dan Banten akan bergabung dengan kelompok buruh se-Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi, dalam aksi Gerakan Gabungan Rakyat (Gebrak).

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 2.500 buruh dari berbagai perusahaan di wilayah Tangerang, diklaim bakal turun ke jalan untuk melakukan aksi damai memperingati Hari Buruh Rabu besok, 1 Mei 2024.

Ribuan buruh yang tergabung dalam sejumlah serikat buruh, seperti Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) 92 dan Serikat Pekerja Nasional Indonesia ini, akan bergerak dari Tangerang ke Jakarta.

"Sesuai dengan data yang masuk ke kami, jumlahnya lebih dari 2.500 orang, bahkan bisa lebih," kata Koordinator KASBI Wilayah Tangerang, Maman.

Menurut Maman, buruh dari wilayah Tangerang dan Banten akan bergabung dengan kelompok buruh se-Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi, dalam aksi Gerakan Gabungan Rakyat (Gebrak). Sasarannya, menyampaikan tuntutannya yaitu Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Istana Merdeka, dan Bundaran HI.

Adapun peringatan May Day tahun ini membahas beberapa tuntutan di antaranya, mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja dan PP turunannya, setop PHK dan pemberangusan serikat buruh, berlakukan upah layak nasional secara adil dan bermartabat, serta cabut PP 51 2023.

"Kemudian, tolak sistem kerja kontrak, outsourcing, sistem kerja magang, dan sistem mitra palsu bagi driver online dan ojol. Juga lindungi buruh perempuan, stop pelecehan, dan kekerasan di tempat kerja," kata Maman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3.454 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Aksi May Day di Jakarta Besok

Sejumlah elemen buruh akan menggelar aksi unjuk rasa dalam memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei 2024. Di Jakarta, unjuk rasa akan berlangsung di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, Polda Metro Jaya siang mengamankan seluruh rangkaian acara pada May Day di Jakarta. Total 3.454 personel gabungan akan dikerahkan.

"Polda Metro Jaya dan polres jajaran siap memberikan pengamanan, pelayanan aksi penyampaian pendapatan di muka umum. Ada 3.454 personel gabungan yang siap mengamankan kegiatan tersebut, termasuk Perayaan Hari Buruh di Stadion Madya," kata Ade Ary di Polda Metro Jaya, Selasa (30/4/2024).

Ade Ary meminta peserta unjuk rasa tak perlu khawatir. Aparat keamanan siap mengawal agenda tersebut. Dia pun mengimbau kepada peserta unjuk rasa untuk tetap mematuhi aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Imbauan kami, sampaikan pendapat dengan saling menghormati dengan pengguna jalan lain. Lakukan aksi dengan aman dan tertib kami siap melakukan pengamanan dan pengawalan," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.