Pertamina Bakal Jual BBM ke Tiga Negara Ini

Pertamina memilih tiga negara itu karena potensi pangsa pasar besar dan izin mudah.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 13 Mar 2015, 15:10 WIB
Ilustrasi Perusahaan Minyak dan Gas Pertamina

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) berencana merambah pasar Asia Tenggara untuk memasarkan produk hilir Bahan Bakar Minyak (BBM)nya dengan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pada tiga negara.

Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero), Ahmad Bambang mengatakan, SPBU akan dibangun satu untuk masing masing negara yaitu Myanmar, Kamboja dan Laos.

Tiga negara tersebut menjadi incaran Pertamina untuk memasarkan produknya karena pasar masih besar. Selain itu, izin di negara tersebut lebih mudah.

Menurut Ahmad, saat ini Pertamina masih melakukan kajian dan ditargetkan rampung tahun ini untuk melakukan ekspansi ke pasar luar negeri. "Saat ini masih dikaji. Targetnya kajian itu bisa rampung dan tahun ini SPBU dibangun," kata Ahmad di Jakarta, Jumat (13/3/2015).

Foto dok. Liputan6.com

 

Ahmad menambahkan, Pertamina bakal merogoh kocek US$ 3 juta untuk investasi per satu unit SPBU. Rencananya SPBU belum akan banyak dibangun, dan terlebih dulu memprioritaskan branding.

Selama ini Pertamina melakukan pemasaran BBM Retail melalui lembaga penyalur retail BBM/BBK yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia seperti SPBU untuk umum, agen minyak tanah, agen premium dan minyak solar, serta premium solar packed dealer. (Pew/Ahm)

Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya