Film Smong Aceh Kenang 1 Dekade Tsunami Aceh

Smong merupakan istilah yang digunakan masyarakat di Kabupaten Simeuleu, Aceh, untuk menyebutkan peristiwa tsunami.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 08 Des 2014, 11:05 WIB
Pembangunan areal Monumen Kapal di atas rumah, di Lampulo, Banda Aceh, NAD. Pemda berupaya mengembangkan sisa bencana tsunami menjadi obyek wisata.(Antara)

Citizen6, Jakarta Dalam memperingati 1 dekade peristiwa tsunami di Aceh, komunitas Tikar Pandan bekerja sama dengan Museum HAM Aceh mengadakan sebuah acara yang bertajuk "Festival Film Smong Aceh".

Smong merupakan istilah yang digunakan masyarakat di Kabupaten Simeuleu, Aceh, untuk menyebutkan peristiwa tsunami. Tujuan diselenggarakan festival tersebut adalah untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap bencana.

Dalam Festival Film Smong Aceh akan dimeriahkan pula dengan kebudayaan Aceh, seperti pembacaan hikayat smong oleh Yusuf Bombng dan Seudati Syech Indirs serta Rampai Geleng oleh Dekgam, adapula pembacaan puisi penyair Fikar W. Eda mengenai peristiwa tsunami.

Sebelumnya, pada tahun 1907 tsunami pernah melanda Kabupaten Simeuleu, Aceh. Lalu pada smong tahun 2004, hanya sedikit penduduk kawasan ini yang menjadi korban karena mereka sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman pada smong sebelumnya.

Acara yang berlangsung pada Kamis, 4 Desember 2014 di Galeri Indonesia Kaya ini juga Anda diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu, disini. Yuk, ajak teman dan keluarga Anda untuk melihat dan mengenang peristiwa tsunami di Aceh melalui sebuah film.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya