Sukses

Ketua DPR Menyetujui Rencana Kenaikan Tunjangan

Ketua DPR Agung Laksono menyetujui rencana kenaikan tunjangan anggota Dewan dengan alasan untuk meningkatkan kemampuan para wakil rakyat. Rencana kenaikan tunjangan yang akan diberikan itu adalah kebijakan pemerintah dahulu.

Liputan6.com, Jakarta: Meski mendapat kecaman publik, Ketua DPR Agung Laksono menyetujui rencana kenaikan tunjangan anggota DPR. Menurut Agung, kenaikan tunjangan itu bukan bertujuan untuk memperkaya anggota DPR. "Tunjangan operasional yang diberikan bagi para anggota Dewan adalah dalam rangka meningkatkan kemampuan para anggota," kata Agung di Jakarta, Jumat (8/7).

Agung mengatakan, besar tunjangan yang akan diberikan kepada para anggotanya itu adalah kebijakan pemerintah dahulu. Sebelumnya, rencana kenaikan tunjangan anggota DPR antara Rp 15 hingga Rp 20 juta per bulan sempat mengundang kritik. Banyak pihak yang menilai DPR tidak sensitif terhadap kondisi masyarakat yang memprihatinkan seperti banyaknya kasus busung lapar dan gizi buruk. Selain itu, sejumlah pihak keberatan karena terkait dengan kemampuan keuangan negara.

Sebaliknya, sebagian besar wakil rakyat justru menganggap kenaikan tunjangan sebagai keharusan. Alasannya, beban tugas yang ada pada anggota DPR semakin berat dibanding periode sebelumnya. Tuntutan terhadap mereka juga semakin tinggi [baca: Gaji Anggota DPR Tak Perlu Naik].(DNP/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini