Sukses

Usai Terbakar, Puluhan Hektare Lahan di Jambi Ditanami Sawit

Puluhan batang pohon sawit ditanam sekitar satu hingga dua pekan lalu.

Liputan6.com, Ambon - Kebakaran yang melalap sekitar 100.000 hektare hutan dan lahan kayu putih masih terus terjadi di Kabupaten Buru, Ambon, Maluku. Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) dibantu aparat TNI, berjibaku memadamkan api.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (1/11/2015), namun banyaknya tanaman yang mengering dan kencangnya angin mempersulit pemadaman. Diduga kebakaran ini terjadi akibat ulah manusia.

Sementara di Jambi, puluhan hektare lahan yang terbakar di Desa Kota Baru, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, kini mulai ditanami kelapa sawit.

Padahal lokasi tersebut belum genap sebulan terbakar. Di lahan yang masih dipenuhi kepulan asap ini, puluhan batang pohon sawit ditanam sekitar satu hingga dua pekan lalu.

Belum diketahui pemilik lahan ini apakah perseorangan atau perusahaan, karena lokasinya jauh dari pemukiman penduduk.

Sementara di Jakarta, puluhan ribu umat muslim melakukan salat istisqo atau salat meminta hujan di pelataran Masjid Istiqlal, Jakarta. Kegiatan ini juga diikuti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah menteri kabinet kerja.

Bencana kabut asap saat ini merupakan terparah sejak Indonesia dilanda bencana serupa pada 1997 lalu. (Dan/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini