Sukses

Dibandrol Jauh Lebih Mahal, Apa Keunggulan Mac Dibandingkan PC?

Sebenarnya Mac dibekali dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan PC lainnya yang beredar di pasaran.

Tepat pada tanggal 24 Januari 2014 kemarin, komputer Macintosh besutan Apple memasuki umurnya yang ke-30 tahun. Tiga dekade beredar di pasaran, tiap generasi produk Mac selalu mendapatkan sambutan hangat dari para pengguna. Bahkan tak sedikit pengguna fanatik Mac yang mengatakan bahwa Mac jauh lebih unggul dibandingkan PC non-Apple.

Laman Techeblog sempat membandingkan 'jeroan' Apple MacPro seharga USD 9.450 dengan PC berbasis Windows yang dibekali spesifikasi mumpuni berbandrol hanya USD 3.450. Dengan harga jual yang jauh lebih tinggi, sebenarnya Mac dibekali dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan PC lainnya yang beredar di pasaran.

Jadi apa sesungguhnya keuunggulan Mac dibandingkan PC Windows?

Laman How Stuff Works, Selasa (28/1/2014), mengungkapkan, PC non-Apple yang berbasis Windows didesain untuk memungkinan penggunanya melakukan upgrade hardware. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan kustomisasi komputer dengan opsi hardware sesuai keinginan seperti meningkatkan luas memori, pilihan kartu grafis dan masih banyak lagi.

Hal inilah yang tidak bisa didapatkan dari Mac. Apakah ini sebuah keunggulan? Jawabannya adalah benar. Pasalnya tim dari How Stuff Works menjelaskan bahwa pengguna tidak bisa sembarangan memodifikasi komputer Mac mereka karena hardware Mac hanya diproduksi oleh Apple. Hal ini ditengarai dapat memastikan kualitas dan efisiensi sistem operasi pada Mac.

Dengan begitu, OS Mac bisa lebih stabil ketimbang Windows. Perangkat bisa berjalan lebih cepat dan hampir tidak akan terjadi error ataupun crash.

Selain itu, Mac juga dibekali akses ke sejumlah software ekslusif seperti iTunes, iMovie, iLife, Safari, iCalendar dan Garage Band. (dhi)

Baca juga:
30 Tahun Berdiri, Mac Tetap Tak Tergantikan
[VIDEO] HUT ke-30, Mac Akan Bikin Kejutan di Tahun Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.