Sukses

Pertumbuhan Pasar Tablet Capai Angka Tertinggi

Efisiensi penggunaan dan faktor entertainment yang dimiliki tablet tidak dapat dipungkiri masih lebih baik dibanding notebook.

Perangkat mobile kini banyak dipakai banyak orang di seluruh dunia untuk mendukung aktivitas kesehariannya, di antaranya smartphone dan komputer tablet.

Popularitas kedua perangkat itu bisa disebut sedang naik daun. Menurut perusahaan riset Canalys, smartphone sudah digunakan oleh hampir 1 milyar orang di seluruh dunia. Fungsi telefoni yang ada di smartphone membuatnya lebih mudah diterima pasar sejak pertama diperkenalkan.

Namun, tak begitu dengan perangkat komputer tablet. Ketika Apple memperkenalkan tablet iPad banyak orang yang meragukannya bisa diterima pasar karena fungsinya dinilai belum dapat menandingi laptop.

Meskipun demikian, ternyata tablet memiliki peminat yang tak bisa dibilang sedikit. Pertumbuhannya di pasar Amerika Serikat masih terbilang tinggi hingga saat ini.

Riset lembaga analis Pew Internet melaporkan bahwa tahun ini kepemilikan tablet meningkat hingga menguasai 34% warga Amerika Serikat di atas 16 tahun. Bahkan, seperti dilansir situs BGR, Senin (21/10/2013), bila eReaders dihitung, jumlahnya di AS mencapai 43%.

Laporan ini menunjukkan peningkatan 10 % dari tahun lalu dan merupakan peningkatan tahunan terbesar yang pernah terjadi. Riset ini melibatkan 6224 orang warga AS berusia diatas 16 tahun.

Tablet memang tidak akan pernah menyamai fungsionalitas PC. Akan tetapi, efisiensi penggunaan dan faktor entertainment yang dimiliki tablet tidak dapat dipungkiri masih lebih baik dibanding notebook.

Terlebih lagi tablet dengan harga terjangkau semakin beredar di pasaran. Faktor-faktor itulah yang memungkinkan tablet bisa menguasai pasar pengguna perangkat mobile yang lebih luas daripada PC. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.