Sukses

Review Realme GT 6: Tawarkan Performa Ngebut dengan Layar Super Cerah

Simak ulasan lengkap Tekno Liputan6.com mengenai Realme GT 6 yang baru saja resmi diperkenalkan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Realme telah memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia yakni Realme GT 6. Smartphone ini merupakan jawaban Realme untuk para pengguna smartphone Tanah Air yang merindukan seri Realme GT.

Diperkenalkan sebagai ponsel flagship killer, Realme GT 6 telah dibekali dengan sejumlah spesifikasi yang mumpuni. Salah satunya smartphone ini dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 8s Gen 3.

Selain itu, Realme juga membenamkan sejumlah fitur AI untuk mengoptimalkan pemakaian smartphone ini. Tak lama setelah dirilis, Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajal langung Realme GT 6.

Untuk mengetahui seperti apa pengalaman menjajal HP Realme terbaru ini, simak pembahasan kami.

Layar dan Desain

Selama penggunaan, kami merasa smartphone ini masih mengusung desain khas Realme GT. Hal itu dapat dilihat dari frame kamera yang tampil berbeda dari keseluruhan bodi perangkat.

Kami mendapatkan varian warna silver yang menunjukkan tampilan elegan khas smartphone flagship. Kesan premium juga ditunjang dengan desain melengkung di kedua sisi layar.

Salah satu keunggulan dari GT 6 adalah teknologi layar 8T LTPO OLED dari BOE dengan kecerahan puncak mencapai 6.000 nits.

<p>Penampilan Realme GT 6 yang siap meluncur ke pasar global dan juga Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Berbekal kemampuan tersebut, pemakaian Realme GT 6 di bawah sinar Matahari tidak lagi menjadi masalah, karena tetap bisa ditampilkan dengan baik.

Yang menarik, fitur ini bisa diatur secara manual oleh pengguna. Sebab, apabila fitur ini diaktifkan terus menerus, akan berpengaruh pada konsumsi baterai. 

Layar HP Realme ini juga mendapatkan berbagai sertifikasi, seperti SSGS Five-Star Esports Display, SGS Five -Star Sunlight-Readable Display, SGS AI Eye-Protection Display, dan TÜV Rheinland Flicker Free Display.

Dengan adanya sertifikasi tersebut, layar Realme GT 6 menjadi lebih nyaman bagi mata. Sebagai perlindungan, Realme melapisi panel layar smartphone ini dengan Corning Gorilla Glass Victus 2.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Realme GT 6

Bicara soal performa, Snapdragon 8s Gen 3 jelas menjanjikan pengalaman yang mumpuni. Dalam uji coba menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, smartphone ini mencatatkan skor sekitar 1,5 jutaan.

<p>Hasil benchmark Realme GT 6. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Berbekal chipset yang digunakan, pengalaman kami selama memakai smartphone ini tidak mengalami kendala sama sekali. Peralihan antar aplikasi berjalan dengan mulus.

Selain chipset, Realme GT turut dibekali baterai yang terbilang bisa diandalkan. Selama pemakaian normal sehari-hari, baterai smartphone ini mampu bertahan hingga hampir seharian.

Kemampuan itu ditunjang pula dengan kemampuan fast charging 120W SuperVOOC. Berdasarkan pengalaman, baterai smartphone ini bisa terisi penuh hanya dalam waktu sekitar 50 menit dari kondisi baterai 15 persen.

Realme GT 6 juga teruji saat dipakai untuk bermain game. Bahkan khusus untuk PUBG Mobile, kami menggeber smartphone ini agar bisa dimainkan dalam refresh rate 120Hz.

<p>Realme GT 6 yang baru saja diperkenalkan di pasar Indonesia. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasilnya, selama permainan, refresh rate 120Hz bisa didapatkan. Yang menarik, kondisi refresh rate 120Hz masih bisa bertahan bahkan ketika permainan dalam game tengah riuh-riuhnya.

Jika dibandingkan dengan refresh rate 90Hz, hasil yang didapatkan ketika bermain PUBG Mobile 120Hz terasa lebih mulus. Namun, perbedaan itu memang tidak mengurangi kenikmatan bermain game di refresh rate lebih rendah.

Begitu juga dengan game Genshin Impact, kami bisa bisa menyetel resolusi layar ke 1.5K. Jadi, tampilan dalam game tersebut makin terlihat detail dan mulus, jika dibandingkan dengan resolusi 720p.

Realme juga membenamkan fitur Geek Tuning Mode yang berfungsi mengatur CPU/GPU ketika bermain game. Fitur ini membantu untuk menjaga kestabilan performa Realme GT 6 ketika diajak untuk bermain game.

3 dari 4 halaman

Kamera Realme GT 6

Kemampuan fotografi menjadi salah satu fitur andalan yang ditawarkan GT 6. Smartphone ini dilengkapi konfigurasi kamera flagship yang diperkuat teknologi AI untuk menghasilkan foto berkualitas profesional.

Realme GT 6 memiliki lensa utama 50MP dengan sensor Sony LYT-808, dan ada lensa telephoto 2X Samsung JN5. Kemampuan kamera ini didukung pula dengan fitur AI untuk meningkatkan hasil fotonya.

Ada AI Night Vision Mode yang bisa dipakai untuk merekam video dengan hasil tajam dan terang meski di kondisi kegelapan ekstrem.

Lalu, ada AI Smart Removal untuk menghapus subjek atau objek yang tidak diinginkan dari sebuah foto.

Terakhir, ada pula AI Smart Loop yang membantu pengguna mengakses dengan cepat aplikasi yang dituju pengguna. Tanpa perpanjang lebar, ini adalah hasil foto dari Realme GT 6.

Hasil Kamera Belakang Realme GT 6

<p>Hasil foto kamera Realme GT 6. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera Realme GT 6. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera Realme GT 6. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera Realme GT 6. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Fitur AI Night Vision Mode

<p>Hasil foto kamera Realme GT 6. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Fitur AI Smart Removal

<p>Hasil foto kamera Realme GT 6. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera Realme GT 6. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Hasil Portrait

<p>Hasil foto kamera Realme GT 6. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p><p>Hasil foto kamera Realme GT 6. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp 7,9 juta, Realme GT 6 bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mendapatkan pengalaman kelas flagship dengan harga tidak terlalu tinggi. 

Didukung dengan chipset Snapdragon 8s Gen 3, kami tidak menemui kendala berarti selama pemakaian GT 6. Bahkan, performa yang ditawarkan terbilang sangat bisa diandalkan. 

Mulai dari kemampuan baterai yang sangat menjanjikan dan sudah didukung pula dengan fast charging 120W SuperVOOC. Kemampuan fotografi kelas flagship untuk menghasilkan foto yang luar biasa. 

Dengan kata lain, Realme GT 6 merupakan perangkat all rounder untuk mendukung kebutuhan pengguna sehari-hari.

HP Realme terbaru ini juga dibekali sertifikasi ketahanan air dan debu dengan IP rating IP65.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.