Sukses

iPhone 16 Pro Bawa Peningkatan di Dua Kamera Ini, Cek Spesifikasinya

iPhone 16 Pro akan hadirkan pembaruan di dua kamera, apa saja perbedaanya dengan iPhone 15 Pro?

Liputan6.com, Jakarta - iPhone 16 series akan segera hadir, diperkirakan ponsel dari Apple ini akan diperkenalkan pada September 2024. Jelang peluncuran, bocoran baru mengenai dua dari tiga kamera di smartphone ini beredar di internet.

Sejak iPhone 11, kamera ultrawide yang dipakai Apple masih sama, yakni 12MP. Pun demikian, hal tersebut kemungkinan besar akan diperbarui di lini iPhone 16 Pro.

Leaker di Weibo mengungkapkan, sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Minggu (26/5/2024), iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan dibenamkan kamera ultra-wide beresolusi 48MP, dengan sensor Sony IMX903, menggantikan sensor IMX633 di lini sebelumnya.

Tahun lalu, iPhone 15 Pro Max menggunakan kamera telefoto 12MP 3x dengan modul telefoto periskop 12MP dengan zoom optik 5x. Sensor tersebut diperkirakan akan hadir di iPhone 16 Pro tahun ini.

Diharapkan iPhone 16 Pro akan menggunakan teknologi lensa tetraprisma yang sama di iPhone 15 Pro Max. Teknologi ini mampu membelokkan cahaya berkali-kali untuk dapat menangkap objek yang jauh dengan lebih tajam.

Sedangkan iPhone 16 Pro Max akan tetap mempertahankan kamera yang sama, artinya model Pro Max akan tetap memiliki dukungan 5x zoom optik dan tidak akan ada peningkatan mengenai jarak rentang zoom dari generasi sebelumnya.

Ponsel akan diluncurkan pada bulan September 2024, dengan Apple dilaporkan berencana untuk memulai produksi layar iPhone baru mulai bulan depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2 Warna Baru iPhone 16 Series yang Bikin Penasaran

Bocoran terbaru iPhone 16 series terus bermunculan di ranah internet, di mana kabar terkini membahas pilihan warna untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max.

Analis Apple ternama, Ming-Chi Kuo, mengungkap kedua ponsel baru ini hadir dalam warna baru yang menawan. Apa saja?

Dalam postingannya di X, Ming-Chi Kuo, memprediksi iPhone 16 akan tersedia dalam dua pilihan warna baru sebagai pengganti opsi warna yang ada saat ini.

Mengutip cuitan Kuo via Phone Arena, Senin (20/5/2024), iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan mempertahankan pilihan warna black, green, dan pink.

Namun, Apple kemungkinan akan melepas warna yellow dan menggantinya dengan putih.

Sementara, untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan tersedia dalam pilihan warna black, white (atau silver), dan grey.

Kemungkinan, Apple akan melepas warna "Blue Titanium" dan menggantinya ke "Rose Titanium" untuk duo iPhone 16 Pro.

Ada kemungkinan raksasa teknologi ini bakal mengubah nama-nama warna tersebut saat diluncurkan. Contohnya, Apple mengganti nama warna white ke "Starlight."

3 dari 4 halaman

Apple bakal Rilis Fitur Chatbot AI untuk iPhone di Update iOS 18

Tampaknya lini iPhone 16 bakal lebih cerdas berkat penggunaan fitur AI melalui iOS 18. Menurut laporan Bloomberg, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Rabu (22/5/2024), Apple dilaporkan sedang mengejar ketertinggalan dari perusahaan lain dengan menghadirkan fitur AI di iPhone.

Kendati demikian, laporan tersebut mengungkapkan bahwa fitur AI yang dikembangkan sendiri oleh Apple tidak sebanyak fitur dari Google dan OpenAI.

Di iOS 18 mendatang, Apple berpotensi mengadopsi pendekatan hybrid untuk fitur AI-nya, di mana pendekatan tersebut memanfaatkan Neural Engine pada perangkat yang dapat menangani fitur AI offline. Sementara solusi cloud perusahaan dapat digunakan untuk fitur yang lebih kompleks.

Meski dirumorkan bakal menghadirkan fitur chatbot, Apple dilaporkan akan menahan diri untuk tidak memperkenalkan chatbot AI-nya sendiri, karena mereka masih belum yakin dengan teknologi yang dimiliki saat ini.

Sebaliknya, mereka bakal menghadirkan chatbot bertenaga ChatGPT kepada pengguna iPhone melalui kemitraannya dengan OpenAI.

4 dari 4 halaman

Siri Bakal Makin Cerdas

Selain itu, iOS 18 dapat meningkatkan fungsionalitas Siri agar lebih praktis dan komunikatif. Pengguna juga dapat melihat fitur-fitur seperti ringkasan notifikasi cerdas, sinopsis artikel berita cepat, pengeditan foto berbasis AI, transkrip rekaman audio, pengisian otomatis yang ditingkatkan di aplikasi kalender, dan masih banyak lagi.

Apple dikabarkan akan memperkenalkan iOS 18, iPadOS 18, macOS 15, dan watchOS 11 di gelaran WWDC24 pada 10-14 Juni 2024. Diperkirakan acara itu akan berfokus pada penerapan AI yang akan hadir di seluruh perangkat Apple pada akhir tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.