Sukses

Review Xiaomi Pad 6s Pro 12.4: Tablet yang Bisa Jadi Pengganti Laptop

Xiaomi telah merilis tablet andalannya, Xiaomi Pad 6s Pro 12.5 ke Indonesia. Setelah sekitar satu minggu mencoba tablet ini, berikut ulasan kami mengenai tablet ini.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi merilis tablet terbarunya, Xiaomi Pad 6s Pro 12.4. Tablet ini diposisikan sebagai lini flagship, berkat performa dan kemampuan terbaik yang dimiliki, dibandingkan dengan tablet yang diboyong sebelumnya.

Xiaomi Pad 6s Pro menghadirkan kemampuan layaknya sebuah laptop PC, dengan layar yang lebih besar, spesifikasi menggigit, dan aksesoris pendamping yang dapat dijadikan kawan produktivitas dan membantu menyelesaikan pekerjaan.

Memposisikan dirinya menjadi tablet flagship, Pad 6s Pro memiliki spesifikasi ganas yang siap melibas pekerjaan berat, mulai dari mengetik, menggambar, hingga editing.

Tablet Xiaomi ini juga dibenamkan layar yang sangat besar, untuk memuat lebih banyak konten dan pekerjaan. Tak hanya luas, layar ini juga memiliki kualitas layar prima yang siap memanjakan setiap pasang mata ketika memandangnya.

Tak hanya dipakai untuk pekerjaan, tablet ini juga memberikan pengalaman menikmati konten yang imersif, berkat layar terang dan suara jernih.

Untuk memaksimalkan kemampuan dari tablet ini, Xiaomi juga menawarkan aksesoris tambahan yang dijanjikan bisa mengeluarkan potensi terbaik dari Xiaomi Pad 6s Pro ini.

Setelah kurang lebih satu minggu menjajal tablet ini, Tekno Liputan6.com akan membagikan pengalaman kami selama menggunakan tablet ini untuk berbagai pekerjaan, termasuk mengetik artikel, menggambar, mengedit video, serta pengalaman menikmati konten di tablet ini. Berikut ulasan kami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Desain

Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 memiliki desain yang minimalis, namun terlihat profesional. Tablet ini mengadopsi desain yang sama dengan Xiaomi Pad 6 yang rilis beberapa bulan lalu, dengan ukuran yang lebih besar, serta pinggiran tegas yang memberikan kesan elegan.

Kesan mewah itu juga ditunjukkan dengan penggunaan material logam yang mengelilingi hampir seluruh bodi dari Xiaomi Pad 6s Pro ini. Tak hanya terlihat mewah, tablet Xiaomi ini juga tipis dan cukup ringan, dengan ketipisan hanya 6.3mm dan bobot 590g, yang membuatnya ringan untuk dibawa kemana-mana.

Kendati demikian, karena tablet ini tipis dan berbahan logam, pengguna perlu lebih berhati-hati saat menaruh dan meletakkan tablet ini, karena desainnya yang tipis dan bodi logam yang dipakai, tablet ini akan mudah untuk penyok bahkan bengkok saat terjadi kejadian yang tidak diinginkan, seperti jatuh atau tak sengaja menyenggol permukaan keras.

 

 

Tablet ini dirancang untuk penggunaan pada orientasi memanjang (lanscape). Di sisi atas terdapat tombol volume, dua microphone, dan dudukan magnetik untuk Xiaomi Focus Pen.

Lalu, di sisi kiri, terdapat dua lubang speaker, dengan branding Dolby Vision Atmos di antara dua lubang tersebut, sementara di sisi kanan terdapat port USB-C yang ditemani dengan dua luang speaker pula. Sedangkan di sisi bawah kosong.

Untuk bagian depan tablet, terdapat layar berukuran 12.4 inch, yang ditemani dengan kamera depan, LED yang menyala saat kamera dioperasikan, dan sensor proximity.

 

Kemudian, di sisi belakang terdapat modul untuk penempatan dua kamera dan LED Flash. Lalu, di sisi yang berlawanan terdapat Pogo Pin untuk menghubungkan tablet ini dengan aksesoris keyboard.

Tablet ini hanya memiliki satu varian warna, yaitu Graphitte Gray, yang terlihat elegan, sehingga pengguna akan terlihat profesional saat memakai tablet ini.

3 dari 9 halaman

Layar dan Audio

Sebagai tablet flagship, tak lengkap bila tidak memiliki kualitas layar dan audio yang jempolan. Untuk itu, Xiaomi Pad 6s Pro menghadirkan layar berukuran 12.4 inch beresolusi 3K (3048x2032 piksel). Layar dari tablet ini memiliki aspek rasio 3:2, yang dapat menampilkan lebih banyak teks dan konten berkat layarnya yang lebih lebar dari panel dengan aspek 16:9.

Selain tajam, layar Xiaomi Pad 6s Pro ini juga dapat menampilkan gambar yang cerah, bahkan saat di luar ruangan, dengan tingkat brightness mencapai 900 nits.

Warna yang ditampilkan layar tablet ini pun cemerlang, karena panel yang dibenamkan bisa menghadirkan hinggga 68 miliar warna. Tak hanya itu, layar ini juga mendukung tingkat warna sRGB dan DCI-P3, yang cocok dipakai untuk editing profesional.

 

Cocok untuk editing, tentu tablet ini juga cocok untuk nonton, Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 memiliki teknologi HDR dan Dolby Vision, yang menjamin kualitas visual yang memanjakan mata saat menikmati konten yang mendukung.

Tak disangka, layar ini mendukung refresh rate 144Hz yang tidak semua ponsel bahkan HP gaming sekalipun tidak memiliki kecepatan layar setinggi ini. Tentu refresh rate ini dapat diatur untuk memperpanjang daya tahan baterai, mulai dari 60, 90, dan 144Hz.

Tak hanya layar yang canggih, tablet ini menawarkan kualitas audio yang mumpuni, dengan dilengkapi enam speaker berteknologi Dolby Atmos yang memberikan suara yang jernih dengan tingkat clarity yang optimal.

Kombinasi layar ciamik dan kualitas audio yang menggelegar dari Xiaomi Pad 6s Pro siap menemani waktu kamu bersantai sambil menikmati konten.

Terdapat catatan untuk speaker dari tablet ini, ketika volume dinaikkan hingga 100 persen, hasil suara yang dikeluarkan cenderung kurang jernih. Jadi, saat menikmati konten di tablet ini cukup atur volume maksimal 65% untuk kualitas audio yang prima.

4 dari 9 halaman

Spesifikasi

Agar dapat menjadi pengganti dari laptop PC, sebuah tablet perlu mengusung spesifikasi yang gahar untuk menghadirkan performa yang siap diajak kerja. Untuk itu, Xiaomi Pad 6s Pro memiliki jeroan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, yang jadi otak dari mayoritas ponsel flagship keluaran 2023.

Meski menggunakan prosesor flagship tahun lalu, kemampuan dari tablet ini masih terbilang ganas untuk kelas harganya, yang mana tak sampai Rp 10 juta.

Prosesor tersebut ditemani dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB. Sebagai informasi, jenis RAM dan penyimpanan yang dipakai sudah menggunakan teknologi terkini, yaitu RAM LPDDR5X dan UFS 4.0. Dengan gabungan chipset serta RAM dan penyimpanan yang ngebut, perforna yang dihasilkan sangat memuaskan untuk produktivitas keseharian.

Sebagai permulaan, pada pengujuan Geekbench 6, tablet ini mampu menghasilkan skor 1917 untuk single-core, dan skor 5300 untuk pengujuan multi-core. Uji kemampuan tersebut menunjukkan bahwa Xiaomi Pad ini sanggup diajak kerja berat dan multitasking beberapa aplikasi sekaligus.

 

Hasil skor yang tinggi ini terlihat dari kemampuan tablet ini yang sanggup untuk membuka banyak tab Google Chrome, menulis artikel di aplikasi Notes, memutar streaming lagu di YouTube Music, sekaligus meeting online di aplikasi Zoom. Hasilnya, semua aplikasi tersebut dapat dijalankan secara mulus tanpa hambatan.

Seakan tak puas, kami pun kembali menguji kemampuan dari tablet ini untuk mengedit video berdurasi satu menit menggunakan aplikasi CapCut. Kami terkejut ketika mengetahui durasi rendering video hanya memerlukan waktu 17 detik saja. Hal ini menunjukkan bahwa Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 cocok dipakai untuk segala pekerjaan.

5 dari 9 halaman

Xiaomi Focus Pen dan Touchpad Keyboard, Duet Maut Tingkatkan Produktivitas di Xiaomi Pad 6s Pro

Sebagai tablet yang diciptakan untuk produktivitas, tak lengkap rasanya jika tidak diduetkan dengan aksesoris tambahan. Oleh karenanya, Xiaomi melengkapi tablet ini dengan dua aksesoris sekaligus, yaitu Focus Pen dan Pad 6s Pro Touchpad Keyboard.

Xiaomi Focus Pen hadir sebagai aksesoris yang mengadirkan pengalaman berkreasi di tablet ini. Stylus ini memungkinkan pengguna untuk menulis dan menggambar langsung dari layar tablet Pad 6s Pro ini.

Pena ini cocok untuk digunakan menggambar, berkat 8192 level sensitivitas tekanan, dan latensi 3 milidetik, yang menjadikan pengalaman menggoreskan setiap lukisan di layar ini terasa mulus, serta tingkat ketebalan kuas yang dapat disesuaikan hanya dengan memberikan tekanan pada layar saat menggambar.

Di sekeliling bodi Xiaomi Focus Pen, terdapat tiga tombol dengan dua tombol yang memiliki bentuk seperti tombol volume di smartphone. Tombol ini memiliki fungsingnya masing-masing.

Tombol atas dapat digunakan sebagai shortcut untuk masuk ke dalam Mi Canvas, sebuah aplikasi untuk berkreasi melalui lukisan, saat ditekan selama beberapa detik. Lalu, tombol tengah berfungsi untuk mengambil screenshot saat ditekan beberapa detik.

Sementara itu, tombol terakhir berfungsi untuk memunculkan perintah untuk langsung mencoret di layar tanpa perlu menggunakan stylus langsung di layar Xiaomi Pad ini saat ditekan sekali. Lalu jika ditahan, tombol tersebut dapat memunculkan titik merah di layar dan mengubah Xiaomi Focus Pen sebagai pointer infrared untuk menandai objek di layar ketika presentasi.

Tak hanya stylus Focus Pen, Xiaomi juga menghadirkan keyboard khusus untuk Xiaomi Pad 6s Pro ini. Keyboard ini terasa mirip dengan yang ada di laptop PC, dengan touchpad dan tombol function F1-F12, yang tak semua fitur itu dimiliki oleh keyboard tablet lain.

Pengalaman menggunakan keyboard ini cukup nyaman, dengan tombol yang cukup empuk dan clicky. Perlu dicatat, bagi pengguna yang belum pernah menggunakan keyboard seperti ini, diperlukan pembiasaan, karena tombol yang berada di sisi kanan, seperti Backspace dan Enter cukup kecil, sehingga kemungkinan salah pencet cukup tinggi. Pun demikian, ketika sudah terbiasa, kejadian tersebut akan jarang terjadi.

Poin plus lain dari aksesori ini adalah keyboard Xiaomi Pad 6s Pro mendukung backlit yang memudahkan pengetikan saat berada di ruangan minim cahaya.

Sementara itu, touchpad di keyboard ini memiliki ukuran yang cukup sesuai, mengingat tablet ini "hanya" berukuran 12.4 inch. Namun, jika tangan pengguna sedikit basah, touchpad ini menjadi kurang responsif saat digunakan.

6 dari 9 halaman

Kamera

Kamera di sebuah tablet terkadang dianggap penting tak penting. Namun ketika dibutuhkan, fitur ini akan jadi penyelamat saat di beberapa situasi.

Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 mengusung dual camera belakang, beresolusi 50MP+2MP, lalu untuk kamera depan memiliki resolusi 32MP.

Untuk hasil foto di kamera belakang, tablet ini mampu menghasilkan jepretan yang cukup jernih, dengan detail dan warna yang mirip dengan kualitas kamera ponsel Rp 4 jutaan.

Sementara untuk kamera depan, hasil yang ditangkap sangat memadai, dengan detail yang cukup tajam. Jika dibandingkan dengan kualitas kamera depan di laptop dengan harga yang sama, tentu kualitas kamera tablet ini lebih unggul.

Untuk mengakomodir kebutuhan rapat daring, Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 menghadirkan sejumlah fitur untuk meningkatkan pengalaman saat meeting.

Terdapat tiga fitur yang muncul saat menggunakan aplikasi meeting online, yaitu Fill Light, Focus Frame, dan Noice Reduction.

Fitur Fill Light berguna untuk memberikan tambahan kecerahan wajah berupa cahaya putih yang mengelilingi sudut layar, sehingga tampilan pengguna saat rapat daring terlihat lebih cerah.

Kemudian, Focus Frame menghadirkan fitur yang dapat mengikuti gerak kepala pengguna saat meeting, sehingga kamera akan memfokuskan gambar ke wajah pengguna selama rapat daring.

Terakhir, terdapat Noice Reduction untuk mengurangi kebisingan di sekitar saat mengikuti rapat daring di tempat yang ramai.

7 dari 9 halaman

Baterai

Untuk menunjang semua pekerjaan, sebuah tablet perlu menghadirkan daya tahan baterai yang awet.

Hal ini menjadi perhatian Xiaomi dengan memberikan baterai berkapasitas 10.000 mAh di Xiaomi Pad 6s Pro 12.4.

Ukuran sebesar itu bukan hanya bualan belaka, sebab tablet ini mampu bertahan hingga dua hari dalam penggunaan sedang, dan 14 jam ketiga digunakan secara intens. Sebagai catatan, kami menguji tablet ini dengan refresh rate 144Hz, jika pengguna menginginkan daya tahan baterai yang lebih awet, atur kecepatan refresh rate di 90 atau 60Hz.

Tak hanya awet, baterai dari tablet Xiaomi ini juga dapat diisi dengan sangat cepat, berkat penggunaan kepala charger 120W yang tersedia di kotak penjualan.

Dengan output daya sebesar itu, tablet ini dapat diisi dari 2 persen ke 100 persen dengan durasi 1 jam 15 menit. Jika ingin lebih cepat, pengguna dapat mengaktifkan fitur Boost Charging Speed, yang mampu mengisi daya hanya dengan waktu 44 menit dengan kondisi baterai 2 persen ke 100 persen.

8 dari 9 halaman

Fitur Lain

Untuk memaksimalkan penggunaan tablet ini untuk produktivitas, Xiaomi menghadirkan sejumlah fitur khusus yang terdapat di Pad 6s Pro.

Fitur pertama di tablet ini adalah Wake Screen when Returning, ini memungkinkan tablet untuk mengaktifkan layar ketika pengguna berada di sekitar tablet, sehingga pengguna tidak perlu menekan tombol saat ingin mengaktifkan layar tablet ini.

Fitur kedua adalah Detect Presence, fitur ini akan menjaga layar tetap menyala saat pengguna berada di depan tablet, dan segera mengunci layar saat pengguna meninggalkan tablet ini, sehingga privasi pengguna saat meninggalkan tablet ini tetap terjaga.

Berikutnya adalah Floating Windows, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, sehingga pengguna akan lebih produktif saat bekerja di tablet ini. Sebagai catatan, fitur ini dapat menjalankan empat aplikasi bersamaan. Ketika mencoba membuka aplikasi lainnya, sistem akan menutup salah satu aplikasi dan akan berjalan di latar belakang.

Lalu, terdapat fitur Workstation, fitur ini akan mengubah tampilan antarmuka tablet pada umumya menjadi layaknya laptop PC. Ketika menjalankan mode workstation, aplikasi akan muncul sebagai floating window layaknya di PC.

9 dari 9 halaman

Kesimpulan

Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 bisa menjadi salah satu pilihan bagi pengguna yang ingin memiliki tablet yang menawarkan kualitas layar jempolan, serta performa dan kemampuan layaknya laptop PC.

Desain yang minimalis dan elegan dapat memberikan kesan profesional bagi setiap insan yang memiliki tablet ini.

Tablet ini menghadirkan kualitas visual yang jauh lebih baik ketimbang laptop PC di harga serupa, dengan memiliki resolusi super tinggi dan tingkat warna yang cemerlang. Tak hanya itu, kualitas suara yang dihasilkan tablet ini juga menggelegar, dan jauh lebih detail dari laptop kebanyakan.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 3 yang dipadukan dengan RAM dan penyimpanan yang sangat cepat di tablet ini siap melibas pekerjaan berat dan gaming dengan sangat mulus dan lancar tanpa hambatan.

Untuk menghadirkan pengalaman yang lebih dari laptop PC di harga sekelas, Xiaomi melengkapi tablet ini dengan aksesoris stylus Focus pen dan Touchpad Keyboard yang dapat membantu pengguna meningkatkan produktivitasnya.

Secara mengejutkan, tablet ini menghasilkan kualias foto yang tajam, baik di kamera belakang maupun kamera depan. Bahkan, tablet ini mampu menghasilkan foto yang optimal saat berada di kondisi kurang cahaya. Tak hanya itu, terdapat sejumlah fitur yang bisa tingkatkan penampilan pengguna saat rapat daring.

Untuk mengakomodir segala aktivitas di tablet , tablet ini dibekali dengan baterai jumbo yang terbukti hasilkan daya tahan hingga dua hari. Selain awet, baterai ini juga dapat diisi dengan sangat cepat.

Agar layak disebut pengganti laptop, Xiaomi menanamkan berbagai fitur khusus di tablet ini, untuk menunjang segala pekerjaan agar pengguna lebih produktif.

Kendati demikian, masih terdapat beberapa catatan saat penggunaan tablet ini selama satu minggu. Ketika menjalankan beberapa aplikasi, terdapat bug yang dapat mengganggu kenyamanan saat menggunakan tablet ini. Harapannya, bug tersebut dapat dibenahi oleh tim Xiaomi melalui pembaruan software.

Selain itu, touchpad di keyboard ini masih kurang sensitif, terlebih bagi pengguna yang memiliki tangan cukup basah.

Saat pertama kali menggunakan keyboard tablet ini, pengguna perlu membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan layout kerboard ini.

Jika kamu mencari alternatif laptop PC dengan layar cemerlang, performa mumpuni, dan bisa diajak untuk berkreasi, Xiaomi Pad 6s Pro 12.4 bisa menjadi pilihan yang patut dilirik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.