Sukses

7 Rahasia iPhone Agar Libur Panjang Bebas Ribet dan Nyaman

Liburan panjang sudah di depan mata! Manfaatkan iPhone Anda untuk mempermudah persiapan dan perjalanan Anda lewat tips-tips cerdas berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa dari kamu sudah menunggu libur panjang minggu ini untuk melepas penat dan bersenang-senang, baik bersama dengan keluarga, pasangan, atau teman dekat.

Namun, terkadang persiapan libur panjang untuk menikmati melepas penas dapat terasa merepotkan. Tenang, berbekal dengan iPhone saja liburan kamu pun dapat menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Nah, berikut ini adalah sejumlah fitur yang tim Tekno Liputan6.com pilihkan untuk mengoptimalkan iPhone menjelang libur panjang minggu ini:

1. Foto Paspor dan ID Super Kilat di Rumah

Ada dari kamu ingin keluar negeri atau ingin membuat pas foto untuk keperluan lainnya? Berbekal iPhone milik Apple ini, kamu tak perlu lagi repot antri atau ke studio foto.

Kamu bisa mengambil pas foto sendiri di rumah dengan bantuan teman, anggota keluarga, atau tripod. Pastikan saat memotret menggunakan cahaya baik, dan tidak ada menutupi wajah, dan gunakan mode "Light" di HP iPhone.

Tap dan tahan subjek foto untuk "mengambil subjek" dari latar belakang, dan tap "Copy" dan paste image ke note baru di dalam aplikasi Notes.

Di aplikasi Notes, ambil tangkapan layar (screenshot) dan buka di Photos. Tap "Edit" dan "Crop", jangan lupa untuk memilih rasio sesuai.

Terakhir, sesuaikan posisi foto agar kamu berada tepat di tengah bingkai. Klik tombol "Done" untuk menyimpan foto paspor dadakan yang sudah siap digunakan hanya menggunakan ponsel iPhone.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Packing Cerdas dengan Reminders

<p>Persiapkan liburan panjang dengan aplikasi Reminder di Apple iPhone. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Buat template daftar packing barang-barang apa saja yang ingin dibawa dalam perjalanan di aplikasi "Reminder", dengan ini kamu tak perlu repot membuatnya lagi di setiap perjalanan.

Buka daftar baru atau sebelumnya di aplikasi "Reminders". Ketuk tiga titik di kanan atas, pilih "Simpan sebagai Template" atau "Save as Template". Ganti nama template dan simpan.

Untuk menggunakan template, ketuk ikon kotak berlapis untuk mengakses "Template", pilih template diinginkan, ganti nama, lalu pilih "Buat" atau "Create".

Anda dapat memodifikasi daftar tersebut sesuai kebutuhan liburan Anda.

3. Tambah Lokasi ke Reminder

Sebagai bonus, kamu bisa menambahkan lokasi pada reminder. Cukup ketuk tombol "Lokasi" atau "Location" untuk mengatur notifikasi berdasarkan tempat Anda berada.

Pilih lokasi tersedia atau ketuk "Kustom" atau "Custom" untuk menambahkan lokasi sendiri. Pilih apakah kamu ingin diberi tahu saat tiba atau meninggalkan lokasi tersebut, dan atur radius area pengingat.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur tanggal jatuh tempo, menambahkan tag, atau lampiran foto di aplikasi Reminder di iPhone.

 

3 dari 6 halaman

4. Panduan Wisata Buatan Sendiri yang Mudah Dibagikan

<p>Panduan Wisata Buatan Sendiri yang Mudah Dibagikan di Apple Maps. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Sebelum berlibur, buat dan sesuaikan panduan wisata di Apple Maps. kamu dapat membagikan panduan ini ke perangkat iPhone teman perjalanan, hingga mengunduh Maps di iPhone untuk digunakan secara offline.

Untuk membuat panduan di Apple Maps: buka bagian "Panduan Saya" atau "My Guide", ketuk "Panduan Baru" (New Guide), masukkan nama panduan, tambahkan foto, dan ketuk "Buat" (Create).

Untuk menambah tempat, ketuk tanda plus di kanan bawah dan ketikkan lokasi yang diinginkan. Ketuk tanda plus untuk menambahkannya, lalu pilih "Selesai" atau "Done".

Untuk berbagi panduan dengan teman: ketuk gambar profil Anda di kanan atas kartu pencarian di Maps, lalu ketuk "Panduan" atau "Guide". Pilih panduan dan ketuk ikon "Bagikan" (Share) di bagian bawah tengah layar.

 

4 dari 6 halaman

5. Unduh Peta untuk Digunakan Offline

<p>Dowload Apple Maps sehingga bisa dipakai secara offline. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Dengan fitur peta offline di iOS 17 dan versi lebih baru, Anda dapat menggunakan Maps untuk informasi dan navigasi meskipun tanpa koneksi Wi-Fi atau jaringan seluler.

Untuk menyimpan peta detail suatu area, cari nama area ingin disimpan untuk penggunaan offline. Ketuk "Unduh" atau "Download".

Kamu dapat menyesuaikan ukuran area pada peta untuk mengoptimalkan penyimpanan. Ketuk "Unduh" (Download) sekali lagi untuk memulai pengunduhan.

5 dari 6 halaman

6. Pakai iPhone Sebagai Penterjemah Pribadi

<p>Akses cepat aplikasi Translate di iPhone dengan Action Button. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Saat bepergian ke luar negeri, manfaatkan aplikasi Translate di iPhone sebagai penerjemah pribadi Anda.

Pilih bahasa, masukkan teks atau ketuk ikon mikrofon, dan bicaralah - aplikasi akan secara otomatis menerjemahkan untuk Anda.

Untuk menerjemahkan teks tertulis, seperti rambu dan menu, ketuk "Kamera," pilih bahasa Anda, dan arahkan iPhone Anda ke teks. Aplikasi menerjemahkan teks secara real time saat Anda menggerakkan kamera.

Untuk mengunduh bahasa pada perangkat untuk penggunaan offline, buka Pengaturan > Terjemahkan. Ketuk "Bahasa yang Diunduh," lalu ketuk simbol panah di sebelah bahasa yang ingin diunduh.

Sebagai tambahan, pemilik iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dapat mengatur Action Button sehingga dapat membuka aplikasi Translate saat ditekan.

 

6 dari 6 halaman

7. Pakai Fitur Look Up untuk Identifikasi Landmark, Seni, dan lainnya

<p>Fitur Look Up di aplikasi Photos untuk mendeteksi landmark, tumbuhan, dan hewan dengan iPhone. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Ambil gambar dari apa yang ingin kamu identifikasi dan buka di aplikasi Photos. Nanti akan muncul tombol Info di bagian bawah (berbentuk seperti "i" di dalam lingkaran).

Di sini, akan ditampilkan simbol dengan bintang saat informasi tersedia untuk kategori seperti tanaman, hewan peliharaan, serangga, landmark, simbol, atau makanan.

Tap tombol "Info", lalu ketuk "Look Up" di bagian atas informasi foto untuk mempelajari lebih lanjut. Fitur ini juga berfungsi untuk video! Cukup jeda video pada frame apa saja dan tekan tombol Info itu.

Dengan memanfaatkan berbagai fitur cerdas di iPhone Anda, abadikan momen liburan Anda dengan lebih mudah dan menyenangkan. Ciptakan pengalaman yang tak terlupakan!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.