Sukses

Indonesia Melaju ke Final Uber Cup 2024, Warganet: Terima Kasih Komang Ayu

Indonesia melaju ke final Uber Cup 2024 setelah menumbangkan tim putri Korea Selatan. Kemenangan Komang Cahya Ayu Dewi melawan Kim Min Sun menjadikan Indonesia unggul 3-2 dan melangkah ke final Uber Cup 2024 untuk melawan Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta - Tim badminton putri Indonesia lolos ke final Uber Cup 2024. Indonesia lolos setelah kalahkan Korea Selatan 3-2, Sabtu (4/5/2024).

Adalah tunggal ketiga Komang Ayu Cahya Dewi yang membawa Indonesia lolos ke final Uber 2024 setelah mengalahkan pemain tunggal Korea Selatan, Kim Min Sun.

Indonesia bakal berlaga di final Uber Cup 2024 melawan tim putri Tiongkok, Minggu, 5 Mei 2024.

Pada pertandingan lawan Kim Min Sun, hasil akhirnya, Komang Ayu menang usai laga tiga gim 17-21, 21-16, dan 21-19. Begitu poin kemenangan diraih Komang Ayu, ia langsung menjatuhkan diri di lapangan dan disambut oleh anggota tim lainnya yang berlarian ke arahnya.

Perjuangan Komang Ayu sebagai penentu kemenangan Indonesia atas Korea Selatan ini mendapatkan apresiasi dan ucapan terima kasih dari warganet.

Nama Komang juga menjadi salah satu trending topik di X alias Twitter, begitu juga dengan tagar Uber Cup 2024, dan Ester.

"Komang Ayu Cahya Dewi tunggal putri masa depan kita! Terima kasih Komang we love you," kata seorang warganet.

Lalu, ada pula yang menyebut Komang keren. "Komang keren, tim Uber Indonesia keren," tulis netizen lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kagum pada Perjuangan Tim Uber Indonesia

Warganet lain mengucapkan rasa kagumnya pada perjuangan tim Uber Indonesia.

"Salute buat tim Uber Indonesia goes to final, terima kasih untuk perjuangan srikandi-srikandi muda Indonesia, keren pemain singlenya meraih 3 poin, Gregoria, Ester, Komang. Buat pemain gandanya, jangan loyo-loyo mainnya," tulis warganet lainnya.

Ada juga warganet yang mengapresiasi mental Komang yang mampu memiliki daya juang tinggi dan membawa Indonesia melangkah ke babak final Uber Cup 2024.

"Apresiasi banget sama mentalnya Komang," kata seorang netizen.

3 dari 5 halaman

Komang Konsisten Bawa Indonesia ke Final

"Komang konsisten membawa Indonesia ke final," tulis netizen lain.

"Kok bisa ya tim Uber lolos final?? Di luar ekspektasi, best untuk Komang, anak sekecil itu bisa jadi penentu lolos ke final," tulis netizen lainnya.

Sekadar informasi, tim Uber Indonesia sebelumnya imbang 2-2 dengan Korea Selatan.

Pada laga melawan tim Korsel ini, Indonesia mendapatkan tiga poin dari Gregoria Mariska Tunjung yang menang lawan Sim Yu Jin, Ester Nurumi Tri Wardoyo yang menang dalam laga melawan Kim Ga Ram, dan Komang yang menang setelah rubber game dengan Kim Min Sun.

Sementara, dua pasang ganda putri yakni Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/ Lanny Tria Mayasari gagal menyumbang poin di semifinal ini.

4 dari 5 halaman

Sempat Main Kurang Lepas

Komang Ayu Cahya Dewi memastikan Indonesia lolos ke final Piala Uber 2024. Skuad Merah Putih menang 3-2 atas Korea Selatan pada pertandingan semifinal di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu (4/5).

Turun pada partai kelima atau penentuan, Komang Ayu Cahya Dewi mengalahkan Kim Min Sun dalam durasi satu jam 19 menit. Pebulu tangkis berusia 22 tahun itu menang 17-21, 21-16, dan 21-19.

Melawan Kim Min Sun pada partai kelima atau penentuan, Komang Ayu terlihat bermain kurang lepas. Padahal, mengutip situs tournament software, lawannya tersebut belum punya peringkat BWF. Sedangkan Komang saat ini bercokol di peringkat 56.

Komang sempat unggul 4-2. Namun, setelah itu dia selalu tertinggal dari Kim Min Sun dalam perolehan poin, yakni 6-11 di interval pertama. Komang memang sempat memperkecil skor menjadi 13-14, tapi tunggal putri Korea Selatan itu terus melaju dan merebut game pertama dengan 21-17.

 

5 dari 5 halaman

Game Kedua Komang Menang

Pada game kedua, Komang bermain lebih lepas dan berani. Smes, dropshot silang, dan permainan nettingnya membuat Kim Min Sun kerepotan. Meski pebulu tangkis kidal itu sempat memperkecil skor 14-16, Komang bisa memenangkan game ini dengan skor 21-16.

Memasuki game ketiga, Komang kembali terlihat tegang. Tunggal putri berusia 22 tahun itu sempat tertinggal tiga poin sebelum berbalik memimpin 11-9.

Setelah interval, Komang bermain lebih lepas dan berani. Smes serta dropshot silangnya membuat repot Kim Min Sun. Bahkan, dia selalu menang dalam adu netting dengan pebulu tangkis berusia 18 tahun tersebut.

Dukungan dan teriakan dari tim Uber Indonesia di pinggir lapangan terus menambah semangat Komang. Laga semakin tegang saat Kim Min Sun memperkecil skor menjadi 19-20. Tapi, smes keras Komang yang mengarah tepat ke tubuh Kim Min Sun membuat menang 21-19 di game ketiga.

Di final Piala Uber 2024, Minggu (5/5), Indonesia akan melawan tuan rumah China yang mengalahkan Jepang dengan skor telak 3-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.