Sukses

Apple iPhone 16 Segera Rilis, Hadirkan Tombol Baru dan Perombakan Desain

Apple diprediksi akan meluncurkan iPhone 16 di tahun ini, sejumlah rumor mengenai smartphone anyar itu pun mulai beredar di internet.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini, dikabarkan Apple akan meluncurkan smartphone generasi terbarunya, iPhone 16. HP ini akan membawa perubahan baru, salah satunya penambahan tombol baru di iPhone hingga desain yang lebih segar.

Menurut jurnalis Bloomberg Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Kamis (28/3/2024), iPhone 16 akan memiliki tombol baru yang disebut sebagai Capture Button. 

Diperkirakan, tombol tersebut akan muncul di sisi kanan perangkat. Menurut informasi, Capture Button bisa digunakan untuk memotret ataupun merekam video.

Laporan juga menyebut, tombol di iPhone terbaru ini bisa merespons berdasarkan keras atau tidaknya tekanan yang diberikan.

Sebagai contoh, apabila menekan tombol secara ringan akan mengatur kamera untuk fokus pada objek, sedangkan, ketika menekan tombolnya lebih keras, iPhone akan mengambil gambar atau mulai merekam.

Disebutkan juga, pengguna dapat menggeser tombol tersebut ke kiri atau kanan untuk memperbesar atau memperkecil zoom.

Beberapa laporan lain menunjukkan perubahan desain dari lini iPhone 16. Kendati demikian, perombakan desain yang dilakukan Apple disebut tidak terlalu signifikan.

Laporan MacRumors membocorkan tiga purwarupa awal iPhone 16 yang berbeda. Purwarupa iPhone 16 pertama disebut berwarna kuning dengan kamera bergaya iPhone X.

Lalu, dda tombol volume yang dapat memberikan umpan balik berupa getaran dari mesin Taptic Engine.

Purwarupa iPhone lain hadir dalam warna merah jambu. Dari bocoran itu, smartphone ini disebut memiliki kamera yang disejajarkan secara vertikal, serta tombol volume terpisah.

Purwarupe ketiga, ditampilkan dalam warna Midnight Black, menampilkan kamera yang disejajarkan secara vertikal dengan tombol volume terpisah. Namun, iPhone ini memiliki Action Button lebih besar dan Capture Button baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layar iPhone 16 akan Lebih Besar

Sebelumnya, iPhone 16 dikabarkan akan mengusung layar yang lebih besar dari generasi sebelumnya.

Mark Gurman dan analis layar Ross Young sependapat kalau Apple berencana untuk meningkatkan ukuran kedua model iPhone 16 Pro “beberapa persepuluh inci secara diagonal.”

Layar iPhone baru itu diprediksi berukuran masing-masing 6,2 inci dan 6,8 inci untuk iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max, menjadikannya yang terbesar yang pernah ada untuk.

Sementara itu, 9to5Mac mengklaim iPhone akan menghadirkan seri “Ultra” di tahun depan dengan menghadirkan layar 6,9 inci, sedangkan iPhone 16 Pro yang lebih kecil bisa mendapatkan OLED 6,3 inci.

Sementara itu, untuk lini iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, Android Authority memperkirakan Apple akan tetap menggunakan ukuran layar yang sama dengan seri tahun lalu.

Analis layar Ross Young juga berpendapat bahwa Apple diperkirakan hanya akan menghadirkan layar dengan kecepatan refresh tinggi ke iPhone seri basic pada tahun 2025.

Hal tersebut menunjukkan bahwa iPhone 16 masih menggunakan refresh rate 60Hz untuk layarnya.

3 dari 4 halaman

Kamera iPhone 16 Series

Terdapat sejumlah rumor yang beredar tentang spesifikasi kamera iPhone 16. Menurut analis Apple dan informan terpercaya Ming-Chi Kuo, lensa zoom tetrapirsma akan dihadirkan di iPhone 16.

Sebagai informasi lensa tersebut juga dipakai di seri iPhone 15 Pro.

Tipster Digital Chat Station dari Weibo juga mengklaim bahwa iPhone 16 Pro akan mendapatkan kamera zoom 5x.

Mereka juga mengklaim iPhone 16 Pro akan mengemas sensor kamera utama 48MP.

DCS menambahkan bahwa iPhone 16 Pro Max akan hadir dengan “periskop ultra-telefoto”, yang menandakan kamera iPhone mendatang memiliki panjang fokus yang sangat tinggi, mengalahkan Pixel 7 Pro dan Galaxy S23 Ultra.

Sementara itu, analis Haitong International Securities Jeff Pu mengklaim Apple akan menambahkan kamera ultrawide 48MP ke iPhone 16 Pro dan Pro Max.

Ming-Chi Kuo juga menegaskan hal ini dengan lebih detail, mencatat bahwa iPhone 16 Pro dan Pro Max dapat beralih ke sensor 48MP 1/2,6 inci dengan ukuran piksel 0,7µm dan unit lensa 6P untuk kamera ultrawide belakangnya.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi dan Fitur Lain iPhone 16

iPhone 16 akan mengalami peningkatan spesifikasi, iPhone 16 dan 16 Plus mengusung chip A17 Pro yang sekarang digunakan di ponsel iPhone 15 Pro.

Sedangkan jajaran iPhone 16 Pro dapat melihat chip A18 Bionic baru dari Apple.

Namun, analis Jeff Pu (melalui Macrumors) telah membantah teori ini. Ia mengklaim keempat ponsel baru seri iPhone 16 akan dibekali chip A18.

Pu juga mengharapkan chip tersebut diproduksi oleh TSMC pada proses 3nm generasi kedua, bukan proses 3nm generasi pertama yang digunakan pada chip A17 Pro.

iPhone 16 dan 16 Plus akan mendapatkan chip A18, sedangkan iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max akan dilengkapi dengan chip A18 Pro.

Sementara itu, kapasitas penyimpanan di iPhone 16 mungkin tetap sama dengan seri iPhone 15, tetapi mungkin ada beberapa perubahan pada RAM.

Jeff Pu menyatakan bahwa base model iPhone 16 akan hadir dengan RAM 8GB, dibandingkan dengan RAM iPhone 15 base model 6GB.

Model iPhone 15 Pro sudah memiliki RAM 8 GB, sehingga model iPhone 16 Pro tetap menggunakan kapasitas RAM yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.