Sukses

Apple Produksi AirPods 4, Ada Dua Model yang Rilis Akhir Tahun 2024

Apple dirumorkan akan merilis AirPods 4 di akhir tahun ini. Menurut bocoran yang beredar, Apple akan merilis dua model AirPods 4.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dirumorkan akan merilis AirPods 4 di akhir tahun 2024. Analis dan leaker Mark Gurman telah membocorkan informasi mengenai TWS terbaru dari Apple ini.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat, ini menyebut akan merilis dua model AirPods 4. Mengutip Gizchina, Selasa (19/3/2024), GizmoChina, Gurman mengatakan produksi massal dari TWS Apple itu akan dimulai pada Mei melalui perusahaan GoerTek dan LuxShare Precision.

Kedua model AirPods itu akan hadir berbarengan dengan lini iPhone 16 yang akan dirilis pada September tahun ini, atau paling lambat sebulan kemudian di bulan Oktober.

Menurut informasi, Apple berencana untuk memproduksi antara 20 hingga 25 juta unit untuk masing-masing AirPods 4. Produksi dari kedua earphone tersebut diperkirakan lebih banyak dibandingkan seri sebelumnya.

Adapun kedua model AirPods itu memiliki kode nama B768E dan B768M. Model B768E merupakan seri terjangkau dari AirPods 4, sedangkan model B768M merupakan model high-range.

Hadirnya kedua TWS tersebut menandakan Apple akan menghentikan produksi dari AirPods seri kedua dan ketiga. Hal ini menandakan jajaran AirPods yang dijual akan terdiri dari AirPods 4 seri entri dan menengah, AirPods Pro (generasi ke-2), dan AirPods Max.

Berdasarkan bocoran dari Gurman, AirPods 4 disebutkan  akan memiliki desain baru, eartips yang ditingkatkan, port USB-C, dan fitur lainnya.

Lini menengah AirPods dikabarkan akan memiliki fitur Active Noise Cancellation (ANC) dan Find My Tracking yang terdapat di AirPods Pro. Gurman juga mengatakan bahwa pembaruan AirPods Pro baru akan dirilis tahun depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Mau Pakai Gemini Punya Google untuk Dukung Fitur AI di iPhone

Sementara itu, Apple dikabarkan tengah dalam pembicaraan dengan Google untuk melinsensikan Gemini pada iPhone.

Menurut Bloomberg, sebagaimana dikutip 9to5Google, "Saat ini terdapat negosiasi aktif untuk membiarkan Apple melisensikan Gemini, kumpulan model AI generatif dari Google, untuk menggerakkan beberapa fitur baru yang akan datang pada software iPhone tahun ini."

Kabarnya selain dengan Google, Apple juga menjalin pembicaraan dengan OpenAI, yang saat ini menggerakkan kemampuan AI Microsoft.

Menurut informasi, Apple secara spesifik mencari partner dalam hal AI generatif berbasis cloud untuk mendukung kemampuan AI di iPhone. Dalam laporan terbaru, Apple tengah dalam pembicaraan dengan Google untuk memakai Gemini.

Dalam waktu yang sama, Apple juga tengah mengerjakan penawaran model AI di perangkat dan kemampuan on-device AI sejalan dengan iOS 18 yang akan datang.

Diskusi antara kedua belah pihak masih berlangsung. Belum ada kesepakatan tentang kapan AI akan dipasarkan.

Jika kabar ini terkonfirmasi, hal tersebut akan menjadi perluasan signifikan dari hubungan antara kedua perusahaan.

3 dari 4 halaman

Apple Bakal Meluncurkan iPhone Layar Lipat pada 2026

Di sisi lain, Apple dirumorkan akan meluncurkan iPhone dengan layar lipat. Terkini, prediksi iPhone layar lipat dari Omdia, lembaga riset pasar ternama membuat banyak pihak terkejut.

Dilansir Gizchina, Omdia meramalkan Apple akan meluncurkan dua perangkat inovatif dalam beberapa tahun ke depan.

Salah satu produk tersebut adalah iPhone layar lipat, di mana seri iPhone baru ini diprediksi akan meluncur pada tahun 2026.

Produk lain adalah iPad Air OLED yang akan dirilis oleh perusahaan berbasis di Cupertino itu pada tahun 2028.

"Kami memperkirakan Apple akan meluncurkan iPhone lipat berukuran 7-8 inci pada tahun 2026," kata peneliti senior Omdia, Kang Min-soo.

iPhone SE4 dengan TFT OLED polisilikon suhu rendah (LTPS) bakal rilis pada tahun 2025, dan seluruh seri iPhone 17 meluncur paruh kedua tahun depan dilengkapi dengan LTPO TFT.

"iPhone layar lipat berukuran 7-8 inci memiliki lebih banyak ruang dalam desain--dibandingkan produk lipat kecil berukuran sekitar 6 inci, dan Apple belajar dari ponsel lipat buatan pesaing," katanya.

Informasi, ponsel layar lipat sendiri dipopulerkan oleh Samsung dan Huawei pada 2019. Sejak itu, berbagai merek pun merilis linie HP layar lipat mereka masing-masing.

Saat ini, iPad Mini hanyalah satu-satunya perangkat Apple dengan ukuran layar 7.8 inci dan tampil dengan panel layar LCD.

4 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini