Sukses

9 Smartphone Samsung Galaxy Bakal Dapat Update One UI 6.1 pada Akhir Maret, Yuk Cek Daftarnya!

Samsung telah meluncurkan pembaruan One UI 6.1. Update ini akan tersedia di sembilan model Samsung Galaxy mulai akhir Maret.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah meluncurkan pembaruan One UI 6.1. Update ini akan tersedia di sembilan model Samsung Galaxy mulai akhir Maret.

Pembaruan yang dibawa menghadirkan serangkaian fitur baru dan peningkatan pada antarmuka pengguna.

One UI 6.1 menjanjikan kemudahan dalam personalisasi antarmuka dan menjadi lebih produktif sekaligus menjaga data tetap aman dan terlindungi.

Samsung mengonfirmasi bahwa pembaruan OneUI 6.1 berbasis Android 14 akan hadir di sembilan model HP Samsung. Peluncuran pembaruan ini akan dimulai pada akhir Maret 2024, sebagaimana dikutip dari GizChina, Minggu (17/3/2024).

Berikut sembilan model yang akan kebagian update One UI 6.1 di akhir Maret 2024:

  1. Galaxy Z Flip5
  2. Galaxy Z Fold5
  3. Galaxy S23
  4. Galaxy S23+
  5. Galaxy S23 Ultra
  6. Galaxy S23 FE
  7. Galaxy Tab S9
  8. Galaxy Tab S9+
  9. Galaxy Tab S9 Ultra

Samsung berjanji akan memperkenalkan Galaxy AI ke lebih dari 100 juta smartphone, tablet, dan perangkat wearable Galaxy pada akhir tahun 2024.

Pembaruan One UI 6.1 akan menghadirkan fitur-fitur seperti asisten penelusuran, asisten obrolan, Circle to Search, pengeditan generatif, Instant Slow-mo, terjemahan real-time, Note Assistant, dan asisten transkripsi untuk perangkat yang disebutkan di atas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Terbaru One UI 6.1

Quick Panel

Panel cepat dari One UI 6.1 kini memiliki tata letak baru yang memudahkan pengguna mengakses fitur yang paling sering digunakan.

Wi-Fi dan Bluetooth memiliki tombol khusus di bagian atas layar, sementara fitur visual seperti Dark Mode dan Eye comfort shield telah dipindahkan ke bawah panel.

Tombol pengaturan cepat lainnya muncul di area yang dapat disesuaikan di tengah. Akses panel cepat penuh secara instan dengan menggeser layar dari atas ke bawah.

Notifikasi

Notifikasi kini muncul sebagai bagian yang terpisah, sehingga memudahkan untuk mengenali notifikasi secara tersendiri.

Ikon notifikasi yang lebih jelas dapat diaktifkan di pengaturan, dan notifikasi dapat diurutkan berdasarkan waktu, bukan berdasarkan prioritas.

Home Screen

Label ikon aplikasi kini dibatasi pada satu baris agar terlihat lebih bersih dan sederhana, dan nama “Galaxy” serta “Samsung” telah dihapus dari beberapa nama aplikasi agar lebih mudah dicari.

Seret dan lepas dengan dua tangan memungkinkan pengguna menyeret ikon aplikasi atau widget di layar Utama dengan satu tangan, lalu menggunakan tangan lainnya untuk menavigasi ke tempat yang diinginkan.

3 dari 4 halaman

Video Editor Baru di One UI 6.1

Aplikasi Studio adalah editor video baru yang memungkinkan pengeditan lebih kompleks dan canggih.

Layout Timeline di Studio memungkinkan untuk melihat keseluruhan proyek sebagai garis waktu dengan beberapa klip video.

Fitur struktur berlapis memungkinkan untuk menambahkan klip, stiker, subtitle, dan objek lainnya serta menyesuaikan posisi dan panjangnya dengan mudah.

Multitasking

Kini pengguna dapat membiarkan jendela pop-up tetap terbuka alih-alih memperkecilnya saat membuka Recent Apps. Cara ini memungkinkan pengguna membuka beberapa aplikasi sekaligus dan beralih antar aplikasi dengan mudah.

Video Player yang Disempurnakan

Kontrol pemutar video tata letak yang kini lebih disempurnakan. Tombol-tombol dengan fungsi serupa telah dikelompokkan dan tombol Play telah dipindahkan ke tengah layar.

Kontrol kecepatan pemutaran yang ditingkatkan memungkinkan pengguna untuk memilih di antara beberapa kecepatan pemutaran video antara 0,25x dan 2,0x.

 

4 dari 4 halaman

Aplikasi Weather yang Ditingkatkan

Widget Weather Insights memberikan lebih banyak informasi tentang kondisi cuaca di lokasi terkini. Pengguna dapat melihat perkiraan kapan badai petir, salju, hujan, dan peristiwa lainnya akan terjadi.

Aplikasi Weather juga menghadirkan informasi lebih lanjut tentang cuaca di sekitar, termasuk informasi tentang hujan salju, fase dan waktu bulan, tekanan atmosfer, jarak pandang, titik embun, dan arah angin.

Samsung Health

Layar Beranda Samsung Health kini telah diperbarui, dengan lebih banyak informasi yang ditampilkan serta font dan warna lebih tebal sehingga memudahkan pengguna melihat informasi yang diperlukan.

Hasil latihan terbaru ditampilkan di bagian atas layar, dengan lebih banyak masukan tentang penilaian kualitas tidur serta target harian untuk langkah, aktivitas, minum dan makanan harian.

Aplikasi Kalender yang Mendapat Fitur Baru

Kalender kini memiliki tampilan jadwal baru menampilkan acara, tugas, dan pengingat mendatang secara bersamaan.

Reminder kini tersedia di Aplikasi Calendar, sehingga Anda dapat melihat dan menambahkan pengingat tanpa membuka aplikasi Reminder.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini