Sukses

17 Fitur Tersembunyi iOS 17 untuk Permudah Penggunaan iPhone

Berikut 17 fitur tersembunyi iOS 17 yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah kamu menggunakan iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - iOS 17 sudah dirilis untuk iPhone sejak September 2023. Versi iOS tersebut membawa beberapa fitur penting yang bisa mempermudah user dalam penggunaan iPhone.

Namun beberapa pengguna masih belum mengetahui fitur-fitur tersebut. Oleh karena itu, Tekno Liputan6.com akan merangkum 17 fitur iOS 17 yang bisa mempermudah hidup kamu.

1. Menghapus Kode Verifikasi di iMessage dan Email

Kode verifikasi yang diterima saat mencoba masuk ke berbagai akun dapat dengan cepat membuat email dan chat kamu penuh.

Daripada menghapusnya satu per satu, kamu bisa coba memanfaatkan fitur iOS 17 untuk menghapus pesan kode verifikasi tersebut secara otomatis setelah kamu menggunakan kode tersebut.

2. Menggunakan Apple Maps Meskipun Lagi Offline

Apple kini memungkinkan kamu mengunduh dan menggunakan peta offline di aplikasi Apple Maps di iOS 17.

Kini kamu bisa lebih mudah menavigasi jalan, jalan raya, dan terowongan--bahkan saat kamu tidak memiliki akses internet.

3. Widget iPhone yang Lebih Interaktif

Fitur widget sesungguhnya telah ada sejak iOS 16. Namun sejak iOS 17 dirilis, kini widget di iPhone jadi lebih interaktif, yang berarti kamu sekarang bisa mengontrol aplikasi langsung dari widget.

Sebagai contoh, di widget Apple Music, kamu bisa pause dan memainkan lagu sambil mencari lagu yang ingin kamu putar langsung dari widget.

Setelah iOS 17 dirilis secara umum, pengembang pihak ketiga kini mampu mengintegrasikan widget interaktif ke dalam aplikasi mereka juga.

4. Dengarkan Lagu Tanpa Jeda di Apple Music

Kini kamu bisa mengaktifkan efek cross-fade antar lagu di Apple Music di iOS 17. Jadi, tidak ada lagi jeda saat berpindah dari satu lagu ke lagu lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

5. Gunakan Visual Look Up untuk Identifikasi Objek

iOS 17 menghadirkan fitur baru yang memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi apapun, termasuk simbol, objek, monumen, hingga jens tanaman.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengambil foto dan menggunakan Visual Look Up, fitur ini bisa mengidentifikasi kata, tanaman, monumen, dan objek lain serta memberitahu informasi terkait objek yang kamu pindai.

6. Gunakan Visual Look Up untuk Identifikasi Simbol

Bukan hanya objek, Visual Look Up juga bisa mengidentifikasi simbol peringatan, termasuk lampu peringatan di dashboard mobil.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah foto simbol tersebut dan Visual Look Up akan mengidentifikasi dan memberitahu kamu arti dari simbol tersebut.

7. Gunakan Siri untuk Membaca Artikel

Kini iOS 17 terdapat fitur yang memungkinkan kamu meminta Siri membacakan artikel berita, situs informasi, atau apa pun di Safari dengan suara lantang. Jadi, kamu tidak perlu lagi membaca artikel, cukup suruh Siri membacakannya untukmu.

8. Mengubah Cara Berinteraksi dengan Siri

Siri mendapat sedikit perubahan di iOS 17, termasuk dua fitur baru yang pasti akan mengubah cara kamu berinteraksi dengan asisten pribadi buatan Apple tersebut.

Kini kamu tidak perlu lagi mengucapkan, "Hai, Siri" untuk memanggil Siri. Cukup mengucapkan, "Siri". Dan kamu bisa meminta permintaan berturut-turut kepada Siri.

3 dari 5 halaman

9. Menggunakan Kode Sandi Lama Bahkan Setelah Mengganti Kata Sandi

Jika kamu mengubah kata sandi pada salah satu akunmu, kemungkinan besar kata sandi baru kamu disimpan di cloud sehingga kamu tidak perlu mengingatnya. Namun kamu tidak dapat melakukan hal yang sama dengan kode sandi iPhone-mu.

Sebelum iOS 17, jika lupa kode sandi, satu-satunya caranya adalah dengan menghapus data iPhone sepenuhnya.

Sekarang, jika kamu lupa kode sandi, kamu bisa menggunakan kode sandi lama untuk masuk, namun hanya selama 48 jam setelah kamu membuat kode sandi baru.

10. Berbagi Password dengan Mudah

Jika kamu bosan menyalin dan menempelkan kata sandi dalam chat untuk dibagikan dengan orang yang kamu cintai, iOS 17 memiliki fitur baru yang memungkinkan kamu membuat grup untuk berbagi kata sandi dan kunci sandi dengan cepat, di seluruh perangkat.

11. Mencari Chat Yang Telah Tertimbun di Ribuan Chat

Saat kamu ingin mencari chat yang sudah tertimbun dengan ribuan chat lain, kamu bisa scroll ke atas untuk melihat chat sebelumnya. Tapi, hal tersebut tentu sangat melelahkan. Kini iOS 17 membuat pencarian di aplikasi iMessage jauh lebih canggih.

Kini kamu dapat memfilter pencarian berdasarkan kontak, tautan, foto, lokasi, dan lainnya, untuk menemukan apa yang kamu cari dengan cepat.

4 dari 5 halaman

12. Gunakan Face ID untuk Menggunakan Fitur Private Browser

Jika kamu meminjamkan iPhone kamu kepada anggota keluarga, khususnya anak-anak, kamu mungkin ingin melihat apa yang sedang mereka jelajahi.

Namun banyak anak-anak di luar sana yang tahu cara menggunakan fitur private browsing agar browser tidak menyimpan riwayat pencarian.

Di iOS 17, kini kamu mengaktifkan pengaturan yang memerlukan Face ID atau kode sandi untuk mengakses penjelajahan pribadi di Safari.

13. Fitur Ping untuk membunyikan Apple Watch

Jika kamu sering kehilangan Apple Watch, iOS 17 memiliki fitur yang mempermudah kamu mencari Apple Watch kamu yang hilang.

Caranya adalah pergi ke Control Center, lalu ketuk gambar Apple Watch untuk melakukan ping agar Apple Watch kamu yang hilang mengeluarkan suara nyaring sehingga kamu bisa lebih mudah mencarinya.

14. Menonaktifkan GIF Otomatis di Safari

GIF bisa sangat mengganggu saat ingin menjelajah melalui ponsel, menelusuri artikel dan terkadang kamu akan diserang dengan GIF oleh teman kamu yang iseng.

iOS 17 kini memiliki pengaturan yang memungkinkan kamu menghentikan GIF agar tidak diputar otomatis di Safari.

5 dari 5 halaman

15. Zoom untuk Crop Foto dengan Cepat

Kini kamu bisa crop foto lebih mudah di iOS 17, caranya cukup zoom foto lalu menekan tombol Crop yang untuk mengubah ukuran gambar persis seperti yang kamu lihat di layar.

16. Akses Foto dengan Cepat di iMessage

Terdapat cara baru untuk mengakses aplikasi langsung dari iMessage, dengan ikon + yang dengan cepat menampilkan opsi seperti kamera, stiker, lokasi, dan lainnya.

Namun, jika kamu hanya tertarik mengakses foto, untuk mengirim melalui teks, kamu cukup menekan dan tahan tombol + untuk mengakses foto terbaru dengan cepat.

17. Isi Otomatis Kode Verifikasi Email

Dengan iOS 17 kamu bisa menerapkan isi kode verifikasi secara otomatis melalui kode verifikasi email. Kamu perlu mengatur email kamu dengan aplikasi Mail di iPhone agar fitur ini bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.